Procurement Management
Overview
Banyak
yang mengartikan bahwa melakukan proses pengadaan barang dan jasa adalah
sekedar meminta penawaran harga dari suppliers dan ditindaklanjuti
dengan melakukan proses negosiasi serta kemudian diakhiri dengan pembuatan purchase
orders. Dengan kata lain, aktifitas sehari-hari lebih dihabiskan oleh
kegiatan yang bersifat admistrasi. Gambaran umum yang lain di banyak
perusahaan, seorang buyer banyak menghabiskan waktunya dalam melakukan proses
negosiasi, dengan tujuan menekan harga secara maximal tanpa menyadari bahwa
keberhasilan dari suatu proses negosiasi adalah justru ditentukan dari berbagai
persiapan dan analisa sebelum proses negosiasi dijalankan.
Dalam
suatu organisasi dimana World Class Procurement Management (WCPM) diterapkan,
fungsi procurement merupakan suatu hal yang sangat strategis bagi perusahaan
untuk menunjang profitability dan survival dari perusahaan.
Adalah benar sekali jika WCPM diartikan sebagai melakukan suatu kegiatan strategic
sourcing.
Di
dalam workshop ini akan diajarkan dan dilakukan pelatihan sehingga diharapkan
fungsi procurement akan dihargai sebagai strategic business partner di
dalam suatu perusahaan dan tidak hanya sebagai support function.
Learning Objective
Dengan
mengikuti Workshop ini, peserta akan:
· Memahami
berbagai analisa-analisa pendahuluan beserta tools-nya dalam melakukan
proses pembelian barang dan jasa, misalnya: bagaimana memahami secara tepat apa
yang dibutuhkan oleh internal customers kita, bagaimana melakukan
analisa harga dan bagaimana melakukan analisa pasar/market.
· Diajarkan
bagaimana kita mampu mengembangkan purchasing strategy secara tepat.
· Dijelaskan
berbagai langkah strategis/strategic actions apa saja yang dapat
dilakukan seorang buyer dalam melakukan pembelian barang dan jasa.
Workshop Approach
·
Attractive presentation
·
Brainstorming and mind mapping technique
·
Dynamic communication
·
Exercise & study case
Agenda
1.
Pada hari pertama peserta diajak untuk memahami:
·
Introduction dari World Class Procurement Management
·
Berbagai analisa tehnik yang diperlukan dalam melakukan strategic sourcing:
-
analisa kondisi saat ini (e.g. spend analysis, key actors involved)
-
analisa kebutuhan (e.g. functional needs analysis)
-
analisa harga (e.g. costing model, cost drivers/elements) dan
-
analisa market (e.g. Porter’s 5 forces)
·
Brainstorming
·
Study case
2.
Pada hari kedua peserta diajak untuk memahami:
·
Cara melakukan purchasing strategy development secara sistematis
·
Berbagai strategic actions yang dapat dipilih untuk diterapkan oleh
seorang
buyer (e.g. demand management, needs
management)
·
Brainstorming
·
Study case
Speaker
Ir. Nova Gustama MSc.,
Lulus
dari Delft University of Technology di Belanda; pengalaman lebih dari 20 tahun
dalam bidang Supply Chains dan Purchasing sebagai senior management di berbagai
perusahaan MNC seperti Hallmark (Singapore) Pte Ltd, Mattel Indonesia, Johnson
Home Hygiene Products, Danone Aqua;berpengalaman dalam menangani berbagai
komoditi/kategori : raw & packaging materials, goods & services,
marketing, capital expenditures dan logistics; sebagai pengajar di
Sembada Pratama – the first School of Supply Chain and Logistics di
Indonesia; telah mengikuti berbagai short courses di manca negara seperti di
Singapore, Hongkong, China, Thailand, Jepang, Perancis dan America.
Jadwal
Rabu-Kamis, 13 - 14 Agustus 2014
09.00
– 16.00 WIB
Gedung
UGM – SP, Jl. Dr. Saharjo No. 83 Jakarta
Investasi
Regular Rp 3.200.000/peserta
Group
(3orang/lebih) Rp 3.000.000/peserta
Investasi
sudah termasuk Materi, Training Kit, Snack&Lunch dan Sertifikat
Informasi
dan Pendaftaran
ALI
Secretariat
Ph.
021 – 386 3936
Mobile.
0811 9590 620
Email.
admin@ali.web.id atau secretariat@ali.web.id
|