Scheduled Event Detail

20 Mar 2018

[ALI] [Workshop] Metode Penyusunan Spesifikasi & Harga Perkiraan Sendiri/Owner Estimate (HPS/OE), 16-17 April 2018

course - 16 Apr 2018 09:00

ALI Secretariat

METODE PENYUSUNAN SPESIFIKASI &

HARGA PERKIRAAN SENDIRI / OWNER ESTIMATE (HPS/OE)

 

 

 

 

DESKRIPSI

Spesifikasi & HPS/OE yang tepat & akurat sangat menentukan dalam proses penyusunan anggaran pengadaan barang & jasa, baik untuk pembelian kegiatan operasional berkelanjutan, penyusunan biaya produksi, maupun kegiatan proyek, dimana spesifikasi & HPS/OE akan disertai dengan; ruang lingkup pekerjaan, durasi waktu pelaksanaan, desain, detail perhitungan komponen biaya, serta aspek lainnya yang terkait.

 

Dalam penyusunan spesifikasi & HPS/OE, mutlak diperlukan pemahaman terhadap; prinsip budgeting, prinsip perhitungan biaya pokok produksi, spesifikasi teknis, metode survey harga, metode analisa biaya, & regulasi terkait. Dengan kemampuan ini maka team pengadaan dapat mempersiapkan perencanaan pengadaan proyek, investasi aset, & layanan jasa yang lebih komprehensif, reliabel, & akuntabel.

 

 

TUJUAN TRAINING 

Dalam training ini peserta akan mempelajari konsep & implementasi Metode Penyusunan Spesifikasi & Harga Perkiraan Sendiri (HPS) secara menyeluruh, di mana dalam setiap sesi pembahasan disertai discussion sharing & case study berdasarkan aplikasi konsep & best practices terkini.

 

 

MANFAAT TRAINING

Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan memiliki knowledge & applied skills  yang dapat diterapkan dalam keseharian tugas/pekerjaan, serta memiliki kemampuan untuk:

Memahami definisi, konsep, & regulasi yangterkait dengan estimasi biaya   Melakukan proses analisa kebutuhan & perencanaan pengadaan secara lebih baik Menyusun HPS/OE untuk setiap kategori layanan jasa, pekerjaan, & keahlian Menyusun dokumen tender dan/atau rencana kerja & syarat-syarat (RKS) yang ideal Memahami titik kritis & kunci keberhasilan dalam penyusunan HPS/OE

 

 

METODE TRAINING

Pemaparan materi, diskusi, tanya-jawab, studi kasus, & simulasi langsung, dengan konsep:

v 20% teori berdasarkan literatur praktisi

v 40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industri

v 40% studi kasus nyata & brainstorming antara narasumber/trainer dengan peserta

 

 

TARGET PESERTA

Training ini ditujukan untuk para praktisi & profesional di bidang:

Unit Layanan Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Teknis Pelaksana Kegiatan, Pejabat Pengadaan/Pembelian, Komite Tender, Procurement Admin, & Vendor Management Planner, Estimator, Verifikator, & Cost Control Corporate legal, Finance, Compliance Unit, & Internal Auditor. Head & Supervisor yang terkait dengan proses perencanaan, proyek, & procurement. Siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

 

 

RUANG LINGKUP MATERI TRAINING (SILABUS)

Hari Pertama

Konsep, Regulasi, & Aspek Legal Penyusunan HPS/OE Metode Penyusunan Spesifikasi Produk Metode Penyusunan Spesifikasi Manajemen Proyek, Jasa Konsultan, & Layanan Jasa Lainnya Kerangka Acuan Kerja (KAK/TOR) & Ruang Lingkup Pekerjaan (RLP/SOW) Diskusi, studi kasus, & rencana implementasi

 

Hari Kedua

Metode Survey Harga Analisa Biaya Investasi & Umur Ekonomis Kepemilikan Analisa Komponen Biaya Dalam Penyusunan HPS/OE Dokumen Rencana Kerja & Syarat-Syarat (RKS) Diskusi, studi kasus, & rencana implementasi

 

 

Fasilitator

Deni Danasenjaya, SE, MM, CPPP, CPCM, Praktisi SCM & Procurement

S2 Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2003 Certified Program in Public Procurement (CPPP) & Contract Management (CPCM) Procurement Learning, World Bank Institute, 2017. Certified Workplace Assessor, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), 2016. Certified Government Procurement Expert (Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), 2012. Konsultan Supply Chain & Procurement Management untuk CEO & Strategic Team, di beberapa korporasi multinasional. Konsultan Pengadaan, Manajemen Logistik, & Manajemen Operasional, di beberapa institusi pemerintah, BLU, & BUMD, 2010 s.d. saat ini. Assessor, LSP Pengadaan Indonesia, 2016 s.d. saat ini.

 

 

BIAYA TRAINING

Reguler                IDR 3.600.000/peserta

Group (min.3)   IDR 3.400.000/peserta

*Materi, trainingkit, sertifikat, makan siang& Coffeebreak

 

JADWAL PELAKSANAAN

Senin – Selasa, 16-17 April 2018

09.00 – 16.00 WIB

Hotel Sofyan Cikini – Jakarta Pusat

 

 

INFORMASI & PENDAFTARAN

Asosiasi Logistik Indonesia

Ph. 021 386 3936

Hp. 0811 9590 620

Email. Adminstaff.ali@gmail.com

www.ali.web.id


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved