Scheduled Event Detail

27 Sep 2018

[ALI] [Training] Procurement & Purchasing Management - 30 & 31 Oktober 2018

course - 30 Oct 2018 09:00

ALI Secretariat

PROCUREMENT & PURCHASING MANAGEMENT


 

 

DESKRIPSI

Procurement/Purchasing Management adalah proses pengadaan kebutuhan material, produk,  & layanan jasa pada korporasi/institusi, yang di dukung oleh sistem & prosedur Procurement/Purchasing yang terintegrasi, terstruktur, akuntabel, & transparan.

 

Dalam proses implementasi di lapangan seringkali timbul kendala, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga & ketersediaan pasokan, seleksi supplier/vendor yang bermasalah, miskomunikasi, hingga supplier/vendor yang wan prestasi terhadap order & kontrak.

 

 

TUJUAN TRAINING

Dalam training ini para peserta akan mempelajari konsep & implementasi  Procurement/Purchasing Management secara menyeluruh, di mana dalam setiap sesi pembahasan  disertai discussion sharing & case study berdasarkan aplikasi konsep & best practices terkini. Sehingga setelah mengikuti training ini, para peserta diharapkan memiliki knowledge & applied skills yang dapat diterapkan dalam keseharian tugas/pekerjaan.

 

 

MANFAAT TRAINING

Setelah mengikuti training ini, para peserta akan memiliki kemampuan untuk:

1.    Memahami regulasi, administrasi, & prosedur procurement/purchasing management

2.    Memahami mekanisme serta perbedaan procurement/purchasing lintas sektoral

3.    keterkaitan antara planning & realisasi order

4.    Memahami strategi & metode untuk analisa  penawaran & pemberian order kepada supplier/vendor

5.    Melakukan proses identifikasi, analisa, usulan solusi, inovasi, & implementasi secara nyata

 

 

METODE TRAINING

Class presentation, discussion, case study, & action plan, dengan konsep:

v 20% teori berdasarkan literatur praktisi

v 40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industri

v 40% studi kasus nyata & brainstorming antara trainer dengan peserta

 

 

TARGET PESERTA

Training ini ditujukan untuk para praktisi & profesional di bidang:

1.    Buyer, Procurement Admin, Vendor Management, Komite Tender, & Pejabat Pengadaan/Pembelian.

2.    Supply Chain Management, Logisticians, Planner/Estimator, Project Team, & General Affairs.

3.    Corporate legal, Finance, Compliance Unit, & Internal Auditor.

4.    Level Management, Supervisor, & Staf yang terkait dengan proses Procurement/Purchasing/PBJ. 

5.    Siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

 

 

RUANG LINGKUP MATERI TRAINING (SILABUS)

·      Hari Pertama

1.       Procurement & Purchasing Principles

2.      Repeat Order, Project Procurement, & Emergency Order

3.       Planning & Order Management

4.      e-Procurement & Automation Transaction

5.       Discussion sharing, case study, & action plan

 

·      Hari Kedua

6.      Bidding & Tender Management

7.       Vendor Selection Methods

8.      Vendor Performance Management

9.      Order Decision, Renewal, & Vendor Replacement

10.   Discussion sharing, case study, & action plan

 

 

TRAINER

Deni Danasenjaya, SE, MM, CPPP, CPCM

Praktisi SCM & Procurement Management

 

Latarbelakang Pendidikan:

§  S2 Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2003

§  S1 Manajemen, STIE Mahardhika, Surabaya, 2001

§  D3 Perbankan, Ilmu Administrasi - FISIP, Universitas Indonesia, Depok, 1993

 

Sertifikasi:

§  Project Management Professional, Project Management Institute, Indonesia Chapter, on-going course

§  Certified Program in Public Procurement (CPPP), Procurement Learning, World Bank Institute, 2018

§  Certified Program in Contract Management (CPCM), Procurement Learning, World Bank Institute, 2018

§  Certified Workplace Assessor, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), 2016

§  Certified Government Procurement Expert (Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), 2012

 

 

AGENDA

Selasa – Rabu, 30-31 OKtober 2018

09.00 – 16.00 WIB

Yello Hotel Manggarai – Jakarta Selatan

 

 

INVESTASI

Reguler                Rp.  3.600.000/ orang

Group (min.3)   Rp. 3.400.000/orang

*Materi, Training kit, Sertifikat, Makan siang&coffee break

 

 

PENDAFTARAN DAN INFORMASI

ASOSIASI LOGISTIK INDONESIA

Ph. 021 386 3936

Hp.. 0811 9590 620 (Elsa)

E.. admin@ali.web.id

w. www.ali.web.id

 


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved