Scheduled Event Detail

07 Feb 2017

[Workshop] Demand Planning and Forecasting, The Basic, 15 - 16 Maret 2017

course - 15 Mar 2017 09:00

ALI Secretariat

Asosiasi Logistik Indonesia bekerjasama dengan Aquila Business Consulting Mengadakan :

 

Demand Planning and Forecasting, The Basics

 

 

Seberapa besarnya nilai yang rela dibayarkan oleh dunia usaha untuk mendapatkan gambaran yang dapat dipercaya tentang masa depan ? 

 

Kemampuan demand planning and forecasting yang efektif dapat memberikan gambaran tentang masa depan yang dapat dipercaya. Kemampuan tersebut diperoleh berdasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang perubahan pada trend konsumen maupun mitra bisnis, tatanan dunia kompetisi dan dampak dari perubahan ekonomi dan teknologi di pasar global maupun lokal.

 

Dilengkapi dengan kemampuan ini suatu perusahaan akan mampu untuk mendayagunakan marketing mix secara optimal, mampu menempatkan produk-produk yang sukses dipasar dengan nilai tambah bagi konsumen yang menyatu dengan pergerakan pasar yang dinamis, sehingga perusahaan dapat dengan mantap meraih pertumbuhan usaha yang menguntungkan dan berkesinambungan dan aliran dana yang optimal.

 

Manfaat secara operasional yang didapatkan :

Hilangnya forecast bias dan forecast accuracy yang semakin meningkat Meningkatnya kepuasan dari para pelanggan dan karenanya kesetiaan pelanggan, semakin menurunnya tingkat persediaan barang (efficiency) dan tingkat pemborosan (waste) dan juga semakin meningkatnya kemampuan untuk memberikan respon.   

 

Peserta workshop akan diperkenalkan tentang dasar - dasar dari :

Demand Planning : bagaimana mengadakan / mengembangkan market insight dan market intelligence. Forecasting :  bagaimana menterjemahkan market insight dan market intelligence ke dalam angka proyeksi bisnis.

Kombinasi dari kedua hal tersebut akan membuat suatu perusahaan mampu untuk merencanakan aktivitas-aktivitas yang akan menghasilkan kinerja yang luar biasa.

 

Oleh karena Demand Planning and Forecasting adalah merupakan kemampuan dalam menjalankan usaha, mereka yg bergerak dalam fungsi-fungsi :

Marketing, Trade Marketing, Sales / Finance, Supply Chain

pada semua level dalam organisasi akan mendapatkan manfaat dari workshop ini.

 

Workshop ini membaurkan teori, contoh pengalaman nyata, latihan yang praktis dan diskusi kelompok yang difokuskan pada tantangan-tantangan yang dihadapi masa kini dengan tujuan agar para peserta mendapatkan pemahaman yang baik tentang bagaimana Demand Planning and Forecasting akan dapat memberikan nilai tambah pada perusahaan anda.  

 

The Demand Planning and Forecasting, the Basics workshop mencakup topik-topik sebagai berikut :

(1) Introduction to Demand Planning

(2) Demand Planning & Forecasting process

     2.1. Demand Planning & Forecasting model.

     2.2. Planning & Forecasting components.

     2.3. Demand Planning & Forecasting Horizon.

     2.4. Demand Planning & Forecasting Granularity.

     2.5. Data & Hierarchy in Demand Planning & Forecasting.

     2.6. Top Down, Bottom Up and Hybrid approach in Demand Planning process

     2.7. Forecasting Techniques : Qualitative & Quantitative.

(3) Generating A Baseline Forecast

     3.1. Baseline forecasting process

     3.2. Corrected history

     3.3. Event planning policy

     3.4. Constant, Trend, Seasonal model for Baseline.

     3.5. Reviewing and documenting the Baseline.

     3.6. Baseline and Incremental Growth matrix.

(4) Events Planning & Forecasting

     4.1. Marketing and Sales Activity types

     4.2. Promotion Strategy & Tactics. 

     4.3. Activity planning & Forecasting.

     4.4. Pre- and Post Promotional dips.

(5) Innovation Planning & Forecasting 

     5.1. Portfolio management

     5.2. Innovation planning process

     5.3. Types of Innovation

     5.4. Forecasting strategy & Innovation matrix

(6) Assumptions management.

(7) Differentiated Planning & Forecasting

      7.1. ForecastAbility vs Forecastability.

      7.2. Differentiated planning and focus.

(8) Forecast Measurement and Performance Management

      8.1. Forecast Bias & Forecast Error / Forecast Accuracy

      8.2. Performance management using Forecast Bias.

(9) Demand Management

      9.1. Role of Demand Management.

      9.2. Exception Principle.

(10) Demand Planning in Business Organization

      10.1. Ownership of Demand Planning

      10.2. How many Demand Planners ?

      10.3. Reporting lines and career ?

 

 

Fasilitator

Robertus Hendra

Robertus  is currently a consultant for S&OP implementation, Supply Chain & Operations Management with focus on integrated business planning, linking the business strategy to effective execution (i.e. improvement on efficiency and responsiveness). He spent the last 15 years improving the Planning area and Sales Operations of PT Unilever Indonesia, where he was GM for Supply Planning, GM for Demand Planning, and GM for Sales Operations  & Demand Planning. Prior to that he had 3 years+ overseas working experience with Lever Europe in   some areas of Supply Chain :  Customer Service for Lever Europe, Supply Planner for Fabrics Liquid @ Port Sunlight factory, Distribution Services Manager for Detergents Powder @Warrington factory, and Assistant Lead Category Planner for Fabrics Powder for Lever Europe. He graduated from the Economics department of Northwestern University in Chicago (1986) on Fulbright Scholarship.

 

Jadwal Pelaksanaan

Rabu - Kamis, 15 – 16 Maret 2017

09.00 – 16.00 WIB

Hotel Puri Denpasar, Jakarta

 

Investasi

Regular                         Rp 3.800.000,-

Group (min 3 orang)       Rp 3.600.000,-

*Materi, Training kit, Snack&Lunch, Sertifikat

 

Informasi dan Pendaftaran

Asosiasi Logistik Indonesia

Ph. 021 – 386 3936

Hp. 0811 9590 620 (Elsa), 0812 8877 1150 (Chrissa)

Email: admin@ali.web.id, secretariat.ali@gmail.com


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved