News Detail
Pengusaha Logistik: Kapal Raksasa Datang 3 Kali Seminggu Baru Oke

Hans Henricus BS Aron, Detik.com, Senin 24 April 2017

Jakarta - Kapal raksasa 8.500 TEUs merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal milik Compagnie Maritime d'Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) membawa barang dari Jakarta menuju Los Angeles melalui Thailand dan Vietnam.

 

Selain itu, kapal ini akan singgah di Tanjung Priok setiap seminggu sekali. Lantas, apakah kedatangan kapal yang seminggu sekali ini sesuai dengan kebutuhan pengusaha logistik?

 

"Masuknya cuma seminggu sekali, yang dibutuhkan minimal seminggu 2 sampai 3 kali, itu baru oke, baru terasa. Kalau kita tunggu, artinya stok kita harus tunggu seminggu, itu cost lagi," ujar Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, kepada detikFinance, Senin (24/42017).

 

Menurut Zaldy, daripada menunggu kapal seminggu sekali, pengusaha lebih baik mengirim barang lewat Singapura dan diteruskan ke negara tujuan ekspor. Selain soal waktu tunggu, Zaldy mengatakan, kapal ini tidak hanya singgah di Jakarta, tapi juga di Thailand dan Vietnam maka kontainer akan cukup lama berada di laut.

 

Zaldy memperkirakan jangka waktunya bisa seminggu sampai 10 hari. "Karena minimal di setiap lokasi itu sekitar 1 sampai 2 hari," kata

Zaldy.

 

Pengusaha belum bisa memastikan kehadiran kapal raksasa tersebut akan membawa manfaat besar. Sebab, mesti dilihat dulu perusahaan pemilik kapal apakah konsisten singgah di Tanjung Priok atau tidak. Paling tidak, dalam kurun waktu 6 bulan ke depan.

 

"Karena kapal besar seperti ini di Indonesia akhirnya masuk cuma 3 sampai 6 bulan kemudian berhenti. Ini karena volume kita belum besar. Kalau besar ini bisa konsisten melayani selama 6 bulan ke depan, itu bagus sebagai salah satu opsi," kata Zaldy. (hns/mkj)

 

Sumber:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3482423/pengusaha-logistik-kapal-raksasa-datang-3-kali-seminggu-baru-oke

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved