News Detail
ALFI Dukung 3 Pelabuhan Baru di Maluku Utara

Gloria Fransisca K. Lawi, Bisnis.com, Senin 8 Mei 2017

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia atau ALFI mengapresiasi pembangunan tiga pelabuhan di Maluku Utara untuk menurunkan biaya logistik.

 

Yukki Nugrahawan Hanafi, Ketua Umum DPP ALFI mengatakan pihaknya mendorong pembangunan infrastruktur dengan harapan level of service akan meningkat.

 

"Tentu, dengan pelabuhan baru dan  layanan yang baik, secara logika, harusnya biaya logistik bisa semakin baik," ujarnya kepada Bisnis, Senin (8/5/2017).

 

Menurut Yukki, selain pembangunan pelabuhan baru, pemerintah juga perlu fokus pada perbaikan sejumlah pelabuhan. Mengingat pengelola pelabuhan maupun pemerintah daerah juga harus mendukung dengan tarif yang tidak tinggi dan tidak ada regulasi yang tidak ada pelayanannya.

 

"Ini sangat penting, dikarenakan dengan perbedaan harga barang harus dibarengi dengan biaya logistik yang efisien," sambungnya.

 

Dia mengatakan disparitas harga di Indonesia Timur termasuk di Maluku masih cukup tinggi. Kondisi ini juga turut disebabkan oleh tingginya biaya logistik. Dia juga mengatajan bahwa arus barang yang keluar dari pelabuhan masih terkendala pembatasan waktu.

 

"DPP ALFI sangat mendukung modernisasi pelabuhan dengan catatan tarif yang kompetitif, kalau dilaksanakan oleh BUMN maka perlu ada subsidi," tandasnya.

 

Sebagai informasi Senin, 8 Mei 2017, Presiden Joko Widodo dengan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Provinsi Maluku Utara Abdul Gani Kasuba meresmikan pengoperasian tiga pelabuhan di wilayah Propinsi Maluku Utara, yaitu Pelabuhan Tapaleo, Pelabuhan Bicoli dan Pelabuhan Wayabula.

 

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa peresmian sejumlah pelabuhan di Maluku Utara tersebut sebagai salah satu bukti komitmen pemerintah untuk terus mendorong konektifitas ribuan pulau yang ada di Tanah Air.

 

Sumber:

http://industri.bisnis.com/read/20170508/98/651912/alfi-dukung-3-pelabuhan-baru-di-maluku-utara

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved