News Detail
Jasa Marga Usul Waktu Operasi Truk di Tol Jakarta-Cikampek Dibatasi

Kumparan.com, Rabu 16 Agustus 2017

PT Jasa Marga mengusulkan pembatasan waktu operasional truk angkutan logistik, sebagai salah satu strategi untuk mengatasi kepadatan di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

 

"Sehubungan dengan kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang disebabkan oleh pembangunan proyek-proyek infrastruktur secara bersamaan, Jasa Marga terus melakukan koordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan kepolisian untuk mendistribusikan beban lalu lintas," ujar Corporate Communication

 

PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/8). Dwimawan mengatakan pihaknya bersama BPJT dan BPTJ telah menyepakati pembatasan waktu operasional truk angkutan logistik sebagai upaya yang diprioritaskan, dan berharap dapat diimplementasikan dalam waktu dekat.

 

"Diharapkan akan terjadi pengalihan moda angkutan logistik ke kapal laut untuk mengoptimalkan waktu operasi pelabuhan 24 jam. Atau dengan pemanfaatan kereta api/kanal melalui Cikarang Dryport, sehingga tidak berpindah ke jalan nasional," jelasnya.

 

Dwimawan menjelaskan saat ini Jasa Marga melalui anak perusahaan PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), juga telah membangun posko monitoring kepadatan lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Simpang Susun Cikunir.

 

Dwimawan mengatakan, posko tersebut berfungsi untuk memonitor kondisi jalan tol secara konsisten, dan menjadi sentral komunikasi serta mensinkronisasi upaya penanganan kepadatan antara proyek-proyek infrastruktur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

 

"Hal ini juga didukung oleh konsultan manajemen konstruksi yang menyelaraskan semua kegiatan proyek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, agar dapat meminimalkan dampak kepadatan," jelasnya.

 

Selain itu, pembatasan kendaraan pribadi berdasarkan pelat kendaraan ganjil genap juga menjadi salah satu alternatif solusi kepadatan Tol Jakarta-Cikampek lainnya.

 

"Di luar alternatif lain yang telah dikaji sebelumnya, seperti pemberian prioritas angkutan umum di jalan tol dengan HOV lane, dan rekayasa lalu lintas contraflow," kata Dwimawan.

 

"Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mendukung kebijakan Pemerintah dan mengedepankan pelayanan kepada pengguna jalan," imbuhnya.

 

Sumber:

https://kumparan.com/pranamya-dewati/jasa-marga-usul-waktu-operasi-truk-di-tol-jakarta-cikampek-dibatasi

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved