News Detail
Pelni Ubah Rute Tol Laut di KTI

Rivki Maulana, Bisnis.com, Selasa 12 September 2017

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) mengubah rute atau re-route satu trayek tol laut guna meningkatkan konektivitas di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Perubahah rute ini diharapkan bisa merangsang pertumbuhan ekonomi di tiga provinsi yang dilalui kapal tol laut.

 

Manager PR dan CSR Pelni, Akhmad Sujadi mengatakan KM Sirimau yang semula berlayar dari Surabaya ke Batulicin kemudian singgah Labuan Bajo, Larantuka, dan Kupang. Kapal lanjut berlayar ke Saumlaki, Tual, Dogo, hingga ke Timika dan Merauke.

 

Sujadi menerangkan, trayek baru KM Sirimau berlayar mulai dari Nabire menuju Ambon. Kapal kemudian menjelajah Baubau, Maumere, Kupang, Kalabahi, dan Saumlaki. Rute baru ini dalam sekali pelayaran atau voyage memakan waktu hingga 28 hari dengan jarak 6.194 mil laut atau 56 mil laut lebih panjang dari trayek semula.

 

“Dengan perubahan trayek KM. Sirimau akan tercipta konektivtas baru dan diharapkan dapat menggerakkan ekonomi di Papua, Papua Barat dan NTT,” ujar Sujadi, Selasa (12/9/2017).

 

Menurut Sujadi, Pelni memang mengubah rute trayek tol laut berdasarkan aspirasi masyarakat NTT dan Papua di mana mobilitas antarkedua provinsi terbilang tinggi. Sujadi mengungkapkan banyak warga NTT bekerja di Papua sehingga muncul permintaan angkutan laut langsung dari NTT ke Papua dan sebaliknya.

 

Di sisi lain, Pelni mengoperasika KM. Leuser sebagai alternatif Surabaya-Merauke untuk mengisi rute yang ditinggalkan KM. Sirimau sedangkan trayek ke Batulicin akan dilayani kapal KM Wilis. Sujadi menekankan, operasional KM Leuser dan KM Wilis pelanggan KM Sirimau tetap dilayani perseroan.

 

Selain mengangkut barang, KM Sirimau juga melayani angkutan penumpang. Sujadi mengatakan rute baru KM Sirimau diharapkan bisa menjadi sarana bagi wisatawan untuk melakukan kunjungan wisata ke destinasi yang ada di Papua dan NTT.

 

 

Sumber :

http://industri.bisnis.com/read/20170912/98/689185/pelni-ubah-rute-tol-laut-di-kti


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved