News Detail
Ada Pelabuhan Malahayati, Biaya Logistik Jakarta-Aceh Bisa Ditekan 50%

Kumparan.com, Kamis 14 September 2017

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I Cabang Malahayati, Banda Aceh berhasil menurunkan biaya logistik dari Jakarta ke Aceh menjadi Rp 7,5 juta dan membuat waktu perjalanan menjadi relatif lebih singkat yaitu 4 hari.

 

Sebagai perbandingan, biaya logistik untuk angkutan darat menggunakan truk dari Jakarta ke Aceh via Merak-Bakauheni Rp 17,5 juta dan membutuhkan waktu tempuh 4-5 hari. Sementara untuk pelayaran dari Jakarta ke Belawan dan selanjutnya dari Belawan ke Banda Aceh melalui jalur darat dengan menggunakan truk memerlukan waktu 4-5 hari dengan biaya angkut diperkirakan Rp 13,5 juta.

 

Penurunan biaya logistik tersebut tercapai setelah adanya pelayaran dari Jakarta langsung menuju Pelabuhan Malahayati. Seperti diketahui mulai Januari 2017, Pelindo I Cabang Malahayati sudah ditetapkan sebagai terminal petikemas oleh Kementerian Perhubungan. Untuk menunjang hal tersebut, Pelindo I Cabang Malahayati telah menyiapkan segala fasilitas dan peralatan untuk mendukung kegiatan bongkar muat di terminal petikemas tersebut.

 

Pelabuhan Malahayati memiliki dermaga dengan panjang 384 meter dan dapat menampung tiga kapal ukuran 100 meter dengan muatan 300 TEUs petikemas sekaligus. Fasilitas-fasilitas ini juga didukung dengan peralatan bongkar muat petikemas seperti satu unit HMC (Harbour Mobile Crane), tiga unit forklift, reach staker, serta enam unit truk pengangkut petikemas, dan lainnya.

 

“Pelabuhan Malahayati sudah memiliki kedalaman alur 9,5 meter dengan dermaga yang mendukung, adanya pelayaran yang terjadwal, ketersediaan alat bongkar muat, lapangan penumpukan petikemas, dan transportasi jalan yang mendukung. Dengan semua hal tersebut mampu mendukung untuk masuknya kapal-kapal kontainer ke Pelabuhan Malahayati,” terang Rudi Susanto, General Manager Pelindo I Cabang Malahayati di Banda Aceh, dalam keterangan resminya, Kamis (14/9).

 

Pelindo I Cabang Malahayati, Banda Aceh sendiri telah melaksanakan pelayanan petikemas sejak Agustus 2016.

 

“Seluruh persiapan ini kami lakukan demi mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan biaya logistik nasional,” jelas Rudi.

 

Dengan pengiriman barang dari Jakarta menuju Aceh melalui transportasi laut dapat menekan biaya operasional. Selain efisiensi biaya transportasi, efisiensi bahan bakar juga dapat tercapai.

“Efisiensi ini diharapkan dapat mengundang investor-investor baru ke Aceh. Hal ini sekaligus membuktikan komitmen Pelindo I untuk turut dalam menyukseskan Program Tol Laut  dan gagasan jaringan maritim nasional,” tambah Rudi.

 

Pelabuhan Malahayati merupakan bagian dari rangkaian program tol laut, di mana 24 pelabuhan telah ditetapkan untuk melaksanakan program tol laut yang menjadi program andalan pemerintah.

 

“Dengan dilayaninya kapal petikemas di Malahayati berarti sudah mulai ada tol laut di Aceh. Keberadaan tol laut bisa membuat ongkos distribusi logistik menjadi lebih murah. Itu artinya, pengiriman barang ke Aceh akan lebih murah dan efisien. Sehingga dengan masuknya kapal-kapal kontainer bisa meningkatkan daya saing harga barang nasional, terutama di wilayah Aceh,” timpal Ade Maydwianda, Plh. ACS Humas Pelindo I.

 

Sumber:

https://kumparan.com/dewi-rachmat-k/ada-pelabuhan-malahayati-biaya-logistik-jakarta-aceh-bisa-ditekan-50#wFEqac1ut7cm009t.99

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved