News Detail
Tarif ke Wilayah RI Bagian Timur Naik 25%

Abdul Rahman, Bisnis Indonesia, Senin 18 September 2017

JAKARTA – Pelaku usaha pelayaran swasta menaikkan tarif angkut kontainer atau container freight menuju wilayah Indonesia bagian timur sebesar 25%.

 

Ketua Umum DPP Indonesia National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, alasan pengusaha menaikkan tarif karena tarif yang ditetapkan sebelumnya terlalu rendah.

 

“Sudah naik sejak awal September kemarin. Naik 25% karena yang kemarin itu rendah sekali,” katanya kepada Bisnis, Sabtu (16/9).

 

Pengusaha pelayaran sebelumnya menurunkan tarif ke wilayah Indonesia bagian timur sampai 30% karena adanya program tol laut. Namun, penurunan tarif tersebut rupanya kurang berdampak terhadap biaya logistik lantaran pemilik barang tidak menurunkan tarifnya.

 

Sebelumnya, INSA telah menawarkan kepada pemerintah agar menggunakan kapal swasta dalam program tol laut. Dengan demikian pemerintah tidak perlu merogoh APBN untuk membeli dan membangun kapal.

 

Pemerintah cukup memberi kontrak jangka panjang atau pemberian subsidi baik perintis maupun PSO (public service obligation).

 

Pengusaha swasta baru melepaskan subsidi yang diberikan oleh pemerintah jika daerah-daerah yang dilalui dengan subsidi tersebut sudah menjadi daerah komersial.

 

Selama ini tarif tol laut disubsidi pemerintah. Total subsidi yang dikucurkan untuk angkutan tol laut tahun ini mencapai Rp. 380 miliar.

 

Total armada kapal yang dimiliki oleh anggota INSA mencapai 20 ribuan kapal dan melayani kurang lebih 57 pelabuhan besar dan kecil di seluruh Indonesia.

 

Menurutnya, dalam penetapan kapal tol laut sebaiknya perlu diarahkan ke wilayah terpencil agar terjadi peningkatan konduktivitas, seperti di wilayah Indonesia bagian timur.

 

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved