News Detail
HKI Tawarkan Sewa Lahan ke Operator Truk

Abdul Rahman, Bisnis Indonesia, Selasa 19 September 2017

JAKARTA – Himpunan Kawasan Industri menawarkan sewa lahan khusus truk di dalam kawasan industri kepada pengusaha logistik.

 

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar mengatakan hal itu sebagai solusi dari rencana pemerintah mengatur jam operasional truk di jalan tol Cikampek – Cawang.

 

Menurutnya, pihaknya memahami kondisi yang dialami pengusaha logistik perihal banyaknya pembatasan jam operasional di jalan tol.

 

“Kalau semuanya dibatasi gimana bisa jalan. Sabtu Minggu dibatasi. Libur dibatasi. Padahal katanya ingin meningkatkan daya saing,” katanya kepada Bisnis, Senin (18/9).

 

Oleh karena itu, dia siap membuka akses kawasan guna mendukung kelancaran lalu lintas di jalan tol.

 

Sunny menjelaskan sekitar 40% truk yang melintas di jalur Cawang-Cikampek dalam keadaan tanpa muatan saat kembali ke pangkalan. Oleh karena itu, dia menyarankan agar pemilik truk menyewa lahan di dalam kawasan industri sebagai tempat stand by truk.

 

Dengan strategi itu, imbuhnya, truk tidak perlu bolak balik di jalan tol. Selain mengurangi kemacetan, dia menilai laha parkir truk di kawasan industri juga dinilai lebih efisien dari sisi operasional.

 

“Kalau ada permintaan seperti itu dari perusahaan logistik artinya kan mereka menyewa dari kami sama seperti industri lain yang butuh lahan. Berarti ada transaksi sama kami,” imbuhnya.

 

Sunny juga menghimbau para pemilik kawasan untuk lebih aktif dengan mulai menyiapkan terlebih dahulu lahan atau tidak perlu menunggu datangnya permintaan dari pengusaha logistik.

 

Di dalam kawasan industri, tegasnya, ada pembagian lahan seperti lahan komersial dan pengolahan air dan limbah. Nantinya juga ada lahan parkir truk yang dikelola dengan baik sehingga tidak mengganggu lalu lintas dan lingkungan.

 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman menyatakan masih keberatan. Menurutnya, sebagai kawasan industri sudah sewajarnya menyediakan kantong parkir.

 

“Kan ada bentuk tanggung jawab pengelola kawasan industri dalam bentuk fasilitas umum dan fasilitas social. Kasih lahan parkir, apalagi namanya kawasan industri,” ujarnya.

 

Untuk menampung truk logistik perlu lahan yang luas. Bila harus menyewa lahan di dalam kawasan harganya terlampau mahal.

 

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tengah menggodok rencana pengaturan jam operasional truk di jalan tol Cikampek-Cawang. Truk logistik dilarang beroperasi pada jam-jam sibuk yaitu dari pukul 06.00-09.00 WIB.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved