News Detail
Bisnis Logistik Makin Berat

Rmol.co, Selasa 19 September 2017

RMOL. Pengusaha logistik meminta Bank Indonesia membatalkan rencana pengenaan biaya isi ulang uang elektronik (e-money), khususnya e-toll. Kebijakan tersebut menambah beban pengusaha. Bisnis logistik semakin berat.

 

Ketua Umum Asosiasi Pengu­saha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan mengatakan, pengenaan biaya isi ulang e-money tidaklah tepat. Sebab, pengenaan biaya isi ulang akan membebani konsumen. Apalagi, tujuan e-money untuk efisiensi. "Kenapa harus dibebani hal-hal lain," ujarnya di Jakarta, kemarin.

 

Menurut dia, adanya pungutan atau biaya pengisian ulang uang elektronik baru bisa dilakukan setelah masyarakat sudah terbia­sa menggunakan uang eletronik. Justru pemerintah seharusnya memberikan berbagai kemu­dahan dan promosi menarik kepada masyarakat agar mau menggunakan e-money.

 

"Justru harus diberikan pro­mosi yang menarik bukan malah dibebankan," ujarnya.

 

Hal senada dikatakan oleh Wakil Ketua Aptrindo Kyatmaja Lookman. Menurut dia, sebai­knya Bank Sentral membatalkan pengenaan biaya untuk isi ulang e-money. Selaku pengusaha logistik, dia sangat keberatan. "Dengan adanya biaya pungutan maka beban juga akan bertam­bah," katanya.

 

Dia menilai, rencana penge­naan biaya isi ulang sebesar Rp 2000 setiap kali transaksi sangat memberatkan pengusaha. Meski sepintas terlihat kecil, tapi jika sering dan jumlah kendaraan yang diisi banyak maka angka tersebut akan terasa berat.

 

Menurut dia, biaya tersebut nantinya akan dibebankan ke­pada pengguna atau mitra dari perusahaan logistik. Dengan kata lain, biaya pengiriman bisa saja dinaikkan. "Muncul biaya top up bisa saja membuat ber­tambahnya mahal biaya trans­portasi angkutan barang makin mahal," ujar Kyatmaja.

 

Lebih jauh, Kyatmaja meminta pengenaan biaya administrasi nggak usah diberlakukan karena fasilitas yang dirasakan juga tak sesuai harapan. Salah satunya seperti infrastruktur pendukung yang belum siap. "Misalnya un­tuk mengisi ulang e-money, kalau habis, supir-supir mau bagaimana mengisinya," terangnya.

 

Melihat kondisi ini seharusnya pemerintah memberikan berba­gai kemudahan serta dukungan kepada pengguna jalan tol bukan malah bikin aturan baru dengan memungut bayaran.

 

Diakui transaksi elektronik di gerbang tol memang mampu mengurangi kemacetan diband­ing pembayaran tunai. Namun kemacetan juga bisa terjadi bah­kan lebih buruk jika transaksi tak berjalan lancar.

 

Ketua Umum Asosiasi Lo­gistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan rencana tersebut merugikan pengusaha logistik yang mengandalkan truk untuk mengirim barang. "Pastinya akan berdampak pada biaya logistik khususnya moda transportasi darat yang melalui jalan tol," katanya.

 

Menurut dia, bank penerbit semestinya tidak mencari ke­untungan dari kebijakan yang mewajibkan pembayaran tol se­cara elektronik. Bank disarankan untuk mengutamakan pelayanan terlebih dahulu. Apalagi, belum semua bank yang e-money bisa dipakai untuk membayar tol.

 

Dia prihatin, dengan adanya rencana tersebut karena pengu­saha menjadi korban. Padahal masih ada isu tenaga kerja. "Ini kok malah ada yang mau mengambil keuntungan," im­buhnya.

 

Untuk diketahui, per 31 Okto­ber mendatang semua kendaraan yang melalui jalan tol wajib mem­bayar menggunakan e-money. Bank Indonesia sudah menyetujui rencana bank penerbit untuk menarik biaya tiap kali isi ulang e-money. Aturannya diperkirakan rilis akhir bulan ini.

 

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memastikan peraturan anggota dewan gubernur pemungutan bi­aya isi saldo e-money perbankan dari konsumen akan terbit akhir September 2017. Saat ini aturan biaya isi ulang uang elektronik masih dalam tahap finalisasi Bank Indonesia.

 

"Kami akan atur batas mak­simumnya, dan besarannya, biayanya tidak akan berlebihan membebani konsumen," kata Agus. ***

 

Sumber:

http://ekbis.rmol.co/read/2017/09/19/307675/Bisnis-Logistik-Makin-Berat-

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved