News Detail
Tarif Tol Naik, Pengusaha Logistik Minta Kenaikan Berlipat di Jam Sibuk

Feby Novalius, Okezone.com, Selasa 21 November 2017

JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengaku tidak masalah dengan kenaikan tarif tol. Seperti yang akan dilakukan di ruas tol Tangerang-Merak, Gempol-Pandaan, Makassar Seksi 4, dan Cikopo-Palimanan dengan besaran kenaikan masing-masing tol 7%, pada Selasa, 21 November 2017.

 

Namun, Sekretaris Umum ALFI Jawa Barat Trismawan mengatakan, perusahaan logistik lebih kepada mempertanyakan apakah kenaikan tol tersebut mampu mengatasi kemacetan. Pasalnya, masalah utama bagi pengusaha logistik adalah kemacetan yang memakan biaya logistik begitu besar.

 

"Saya lebih suka (tarif tol) diberlakukan congestion charge dari pada hanya kenaikan tarif secara umum karena jika penerapan kenaikan yang kurang pas akan tetap berdampak kemacetan di ruas-ruas tol yang utama. Congestion charge maksudnya memberlakukan tarif tol berlipat saat jam jam sibuk ( pagi dan sore ) di mana kegiatan distribusi barang bersamaan dengan masuk atau pulang karyawan," ujarnya saat dihubungi Okezone.

 

Menurut dia, kenaikan biaya tidak dapat diimbangi lagi dengan produktivitas angkutan barang karena kemacetan yang terjadi. Juga perlu diatur semua kegiatan pendukung aktivitas logistik seperti pelabuhan, depo kontainer dan pabrikan atau trading untuk menyesuaikan jam kerja agar lebih efisien dan produktif atas biaya logistik .

 

"Saat ini masih banyak pelayanan yang tidak 24 jam selama seminggu.  Sehingga bertumpuk kegiatan di working hour (08.00-17.00)," tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi menambahkan, kenaikan tarif tol harus disertai dengan analisa kemacetan yang nyatanya masih terus terjadi. Jala tol yang fungsinya bebas hambatan, ternyata sudah berubah dengan kemacetan yang berjam-jam.

 

"Jadi kami usulkan adalah kenaikan saat kemacetan ini terjadi kemacetan, setelah tidak itu kembali normal dan ada contohnya di negara Eropa juga," tandasnya.

 

Sumber:

https://economy.okezone.com/read/2017/11/20/320/1817164/tarif-tol-naik-pengusaha-logistik-minta-kenaikan-berlipat-di-jam-sibuk


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved