News Detail
Certified Logistics Kaizen Professional (CLKP)

Didiet Hidayat, Executive Board ALI

MEMBANGUN COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN PROGRAM CERTIFIED LOGISTICS KAIZEN PROFESSIONAL (CLKP) INDONESIA.

 

Menjadi perusahaan manufacturing yang mempunyai competitive advantage di era pasar bebas ASEAN dan sebentar lagi era pasar bebas dunia telah menjadi suatu keharusan bagi para pengusaha Indonesia jika ingin tetap berada dalam percaturan bisnis manufacturing.

Mengantisipasi kenyataan diatas, maka pada awal tahun 2009 telah terjadi persetujuan antara KADIN (Kamar Dagang dan Industri), ALI (Asosiasi Logistik Indonesia) dan JETRO (Japan External Trade Organization) yang disponsori oleh METI (Kementerian Perdagangan) Jepang untuk mengadakan project sertifikasi program perbaikan Kaizen bagi manufacturing di Indonesia yang dinamakan Certified Logistics Kaizen Professional atau CLKP.  Indonesia menjadi negara ke 2 (dua) di ASEAN setelah Thailand yang menyelenggarakan project ini pertama kalinya, disusul Vietnam, Philipina dan Malaysia.

Project ini dimulai dengan pemilihan beberapa pilot project company yang akan dijadikan program perbaikan Kaizen di Indonesia serta akan dijadikan contoh nyata betapa project ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mempunyai Competitive Advantage dengan menggunakan prinsip Kaizen dan Logistik untuk menurunkan cost dari sisi Inventory, khususnya dan aspek pabrikan lainnya.

Setelah melalui pemilihan yang selektif maka terpilihlah 4 (empat) perusahaan manufacturing sebagai perusahan pilot project, yaitu PT. Adhi Wijayacitra di Jakarta (automotive parts), PT. Partuni Perdana di Jakarta (gasket), PT. Rachmat Perdana Adhimetal di Jakarta (automotive parts) dan PT. Apac Inti Corpora di Bawean (textile and garment) untuk diadakan survey dan perbaikan dengan memakai metode Kaizen dan Logistik. 

Beberapa Logistics Expert terlatih dan sangat mengusai bidangnya serta telah terbukti keberhasilan untuk bidang Kaizen dan Logistik didatangkan langsung dari Jepang untuk mengadakan perbaikan serta memonitoring hasil perbaikan bersama dengan para Logistics Expert dari Indonesia.   Selama lebih dari 1 (satu) tahun tim Logistics Expert Jepang dan Indonesia berkali-kali mengunjungi 4 (empat) perusahaan pilot project tersebut untuk mengadakan perbaikan.

Pembentukan Kaizen Team di 4 (empat) perusahaan pilot project juga langsung mendapat bimbingan dari tim Logistics Expert Jepang, tim Logistics Expert Indonesia serta tim Kaizen masing-masing perusahaan dengan mendapat pantauan langsung dari Top Management keempat perusahaan pilot project.  Kunjungan langsung dari tim Logistics Expert Jepang juga dilakukan secara periodikal untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan dan menjadi tujuan masing-masing perusahaan pilot project.

Hasil nyata dapat terlihat dari ke 4 (empat) perusahaan pilot tersebut dengan menurunnya inventory stock level, efisiensi di berbagai bidang dan cost reduction yang kesemuanya bermuara kepada competitive advantage masing-masing perusahaan di bidangnya.

Kegiatan project CLKP bagi ke 4 (empat) perusahaan pilot project di akhiri dengan presentasi dari masing-masing perusahaan bersama-sama dengan tim Logistics Expert Jepang dan tim Logistics Expert Indonesia sebagai tolak ukur keberhasilan yang dicapai dan sebagai program untuk continous improvement dengan memakai prinsip Kaizen dan Logistics untuk mendapatkan lean manufacturing.

Project CLKP bagi Indonesia ini dilanjutkan dengan pengiriman para wakil dari ke 4 (empat) perusahaan pilot project, wakil dari KADIN dan tim Logistics Expert Indonesia yang diwakili oleh Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) untuk mendapatkan pelatihan intensif sertifikasi CLKP langsung di AOTS Yokohama Kenshu Center Jepang dari tim Logistics Expert Jepang dari JILS (Japan Institute Logistics) dari tanggal 8 - 22 Desember 2010.

Sekembalinya dari pelatihan intensif  CLKP di Jepang, maka ke 4(empat) perusahaan pilot project beserta tim dari KADIN dan ALI dengan bantuan JETRO Jakarta mempersiapkan presentasi awal bagi para anggota KADIN dan masyarakat manufacturing Indonesia akan program sertifikasi CLKP ini di Jakarta, pada tanggal 22 Januari 2011.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan program sertifikasi CLKP secara mandiri dari Indonesia, oleh Indonesia dan untuk Indonesia dengan mengadakan Batch I training program sertifikasi CLKP bagi Indonesia yang direncanakan akan diadakan pada tanggal 25 Juni 2011 oleh Sembada Pratama - The 1st School of Supply Chain and Logistics in Indonesia.  

Program sertifikasi CLKP Indonesia ini berjalan dengan metode best practise ditopang dengan teori, lengkap dengan tugas mandiri serta ujian tengah semester dan ujian akhir semester serta ditutup dengan presentasi bagaimana mengadakan perbaikan Kaizen di perusahaan masing-masing sebagai bagian dari continous improvement.  

Lulusan program ini diharuskan menjadi motor penggerak perbaikan Kaizen dan Logistik di perusahaannya masing-masing dibawah pengawasan Top Management langsung untuk mendapatkan competitive advantage goals yang diinginkan, baik bagi perusahaannnya maupun bagi Indonesia. (Didiet Hidayat/Liason-Sembada Pratama)

 

Informasi lengkap mengenai program CLKP dapat menghubungi Sdri. Meta/Chrissa di 021 - 386 3936, 021 - 9278 7097 atau admin@ali.web.id, secretariat@ali.web.id.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved