News Detail
Insentif Bagi Pebisnis Yang Menggunakan Kereta Logistik

Anggar Septiadi, Kontan.co.id, Selasa 30 Januari 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengurangi kelebihan muatan yang kerap jadi sumber kemacetan di jalan tol, Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan memberikan insentif bagi pengusaha yang menggunakan moda kereta api dalam mengangkut logistik atau barangnya.

Usul ini sendiri muncul, lantaran saat ini pemerintah tengah mengkaji beberapa opsi guna mengurai kemacetan Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang kerap disebabkan oleh angkutan barang.

"Utamanya masalah overloading, kami sedang berpikir bagaimana memindahkan angkutan barang dari moda jalan ke moda lainnya. jadi ada ide nanti ada subsidi untuk angkutan barang di kereta api supaya lebih efektif. atau kereta api maka dari itu disiapkan insentifnya," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono seusai rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Selasa (30/1).

Dihubungi secara terpisah Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemhub Zulkifri mengafirmasi hal tersebut. Ia mengatakan pihaknya saat ini tengah mengkaji beberapa opsi insentif yang bisa diberikan. Meski demikian ia belum mau menyebutkan apa saja usulan yang telah mengemuka.

"Sedang dipelajari bentuk-bentuk insentif yang bisa diberikan sesuai dengan regulasi yang ada. Nanti akan diberitahukan setelah tim selesai merumuskannya," katanya saat dihubungi KONTAN, Selasa (30/1).

Sementara itu Gemilang Tarigan Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengatakan, pemberian insentif tersebut tak akan mengganggu bisnis angkutan barang melalui truk.

Sebab katanya, selain kapasitas yang bisa digarap Kereta api tak terlalu besar, truk masih diperlukan untuk mengangkut barang dari dan menuju stasiun.

"Kapasitas kereta api itu paling hanya 5% dari seluruh angkutan logistik, jadi tidak perlu takut lah. Paling satu gerbong hanya 60 truk," katanya saat dihubungi KONTAN.

 

Sumber:

http://nasional.kontan.co.id/news/insentif-bagi-pebisnis-yang-menggunakan-kereta-logistik

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved