News Detail
Pengusaha Logistik: Kalau Tidak Macet, Tarif Tol Sekarang Termasuk Murah

Feby Novalius, Okezone.com, Selasa 27 Maret 2018

JAKARTA - Penurunan tarif tol ditargetkan dapat direalisasikan akhir bulan ini, dengan besaran antara 20%-30%. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk angkutan logistik dengan harapan dapat meningkat daya saing logistik nasional.

Asosiasi Logistik Indonesia menilai, rencana penurunan tarif tol ini sebanding dengan pelayanan jalan tol. Jika tol masih macet, maka tarif mahal tidak sama saja cost pengeluarannya.

"Sekarang tapi tol sering macet, ya akan mahal karena sama saja dengan jalan biasa. Tapi kalau tidak macet, maka tarif tol sekarang termasuk murah," ujar Ketua Umum Asosiasi Logistik Zaldy Masita kepada Okezone.

Menurut Zaldy, sebenarnya yang perlu utamanya bagi perusahaan logistik adalah kebijakan tarif tol yang dinamis. Misalnya, tol diprioritaskan untuk jalur logistik maka tarif mobil penumpang seharusnya bisa lebih tinggi daripada truk.

"Kemudian pada jam-jam padat maka tarif tol otomatis lebih tinggi atau kalau macet malah tarifnya dibuat gratis saja sampai macet terurai," sarannya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah meminta jajarannya untuk secepatnya merealisasikan rencana penurunan tarif tol.

Jokowi, mengatakan, telah meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Perhubungan agar tarif tol yang berhubungan dengan transportasi logistik dapat diturunkan sebanyak-banyaknya.

Meski begitu, kebijakan tersebut harus diikuti dengan beberapa insentif untuk pengelola tol agar beban dapat berkurang. Menurutnya, beberapa proyek pionir tersebut tengah diusahakan mendapat tax holiday atau keringanan pajak untuk jangka waktu tertentu.

 

Sumber:

https://economy.okezone.com/read/2018/03/27/320/1878380/pengusaha-logistik-kalau-tidak-macet-tarif-tol-sekarang-termasuk-murah

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved