News Detail
Integrasi Tarif Diharapkan Kurangi Kendaraan Pribadi Lewat JORR

Caesar Akbar, Tempo.co, Minggu, 24 Juni 2018

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Masita menilai kebijakan integrasi tarif Jakarta Outer Ring Road (JORR) sangat baik untuk angkutan logistik. Ia berharap dengan penerapan kebijakan itu bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi di sana.

"Fungsi utama JORR adalah sebagai jalur utama logistik agar truk tidak melintas di dalam kota Jakarta, kita malah mengharapkan tarif golongan I untuk mobil pribadi seharusnya lebih mahal dari golongan IV," ujar Zaldy kepada Tempo, Ahad, 24 Juni 2018.

Menurut Zaldy, JORR saat ini sudah terlampau macet dan tidak sesuai dengan fungsi utamanya sebagai jalur logistik. Sebab, saat ini jalan bebas hambatan itu malah dipadati oleh kendaraan pribadi. Kemacetan itu menyebabkan ongkos logistik membengkak lantaran jumlah trip per harinya berkurang.

"Kalau macet, jumlah trip dari truk akan berkurang, selain dari pemakaian bahan bakar dan perawatan yang lebih banyak biayanya," ujar Zaldy.

Serupa dengan Zaldy, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truck Indonesia (Apterindo) Gemilang Tarigan berharap dengan adanya penambahan tarif tol bagi kendaraan pribadi dapat mengurangi jumlah mobil di JORR. Sehingga, lalu lintas di sana menjadi lebih lancar ketimbang saat ini.

"itu yang kami tunggu-tunggu saat ini, kelancaran tol," ujar Tarigan. Ia memperhitungkan pengenaan tarif Rp 15 ribu untuk kendaraan pribadi yang masuk ke JORR akan membuat pengemudi jarak dekat lebih memilih jalan arteri yang tidak dikenakan biaya.

"Tol Becakayu saja yang tarifnya Rp 14 ribu minim dimasuki kendaraan pribadi, kami berharap seperti itu," kata Tarigan. Selain itu, penerapan kebijakan itu bisa memangkas biaya tol angkutan truk hingga hampir separuhnya.

Saat ini, tarif akses jalan tol Tanjung Priok dikenakan sebesar Rp 45 ribu per truk trailer. Belum lagi, setelah 12 kilometer alias saat mengakses tol ke arah Cikampek, pengemudi kembali dikenai biaya sebesar Rp 23 ribu.

Sehingga, untuk sekali jalan, ongkos bayar tol setiap truk adalah sekitar Rp 68 ribu. Minimal, truk beroperasi dua kali jalan, yaitu saat berangkat dan kembali. Dengan demikian, setiap harinya pangusaha truk setidaknya perlu merogoh Rp 136 ribu per truk. Karena itu, banyak truk yang memilih melalui jalan arteri ketimbang jalan tol akses Tanjung Priok.

Sebelumnya, penerapan integrasi jalan tol resmi ditunda untuk kedua kalinya pada 20 Juni 2018 karena diklaim masih minim sosialisasi. Rencana efisiensi pembayaran tarif tol ternyata kadung dianggap masyarakat sebagai kenaikan tarif tol semata.

Efisiensi pembayaran ini telah disampaikan PUPR melalui daftar tarif baru bagi pengguna jalan tol. Perincian tarif Jalan Tol JORR pasca-integrasi adalah kendaraan golongan 1 Rp 15 ribu. Lalu kendaraan golongan 2 dan 3 Rp 22.500. Terakhir, golongan 4 dan 5 sebesar Rp 30 ribu.

Direktur Jenderal Bina Marga PUPR Arie Setiadi Moerwanto menuturkan keberadaan jalan tol seharusnya diperuntukkan bagi pengguna jarak jauh dan angkutan logistik. Pengguna jarak dekat bisa melintas di jalan arteri yang akan terus ditingkatkan kualitasnya.

Selain itu, kata Arie, integrasi Jalan Tol JORR tidak dilakukan untuk menggenjot pendapatan pengelola jalan tol atau Badan Urusan Jalan Tol (BUJT). Terlebih, pendapatan dari BUJT tetap rutin dilaporkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai transparansi bagi masyarakat. "Integrasi ini untuk meningkatkan pelayanan pengguna jalan," ujarnya.

 

Sumber:

https://bisnis.tempo.co/read/1100480/integrasi-tarif-diharapkan-kurangi-kendaraan-pribadi-lewat-jorr

 

 

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved