News Detail
Jika Merpati Hidup Lagi, Tarif Kargo Udara Bisa Murah?

Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com, Senin 18 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) mengusulkan agar maskapai Merpati Nusantara Airlines (Merpati) yang akan dihidupkan kembali menjadi maskapai pengangkut kargo udara atau freigher, mengingat tarif kargo udara atau surat muatan udara (SMU) yang terlalu tinggi.

Ketua Umum ALI, Zaldi Ilham Masita, sudah memprediksi bahwa posisi Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) dalam mengadvokasikan keluhannya terkait mahalnya kargo udara tidak kuat. Hasilnya, diskusi tarif kargo udara berujung pada penyelesaian antara bisnis dan bisnis.

"Posisi Asperindo tidak kuat karena tidak punya pilihan lain yang siap menggantikan dengan cepat [kebutuhan kargo udara]. Apalagi hanya sangat sedikit anggota Asperindo yang ikut menghentikan kiriman lewat udara," terangnya kepada Bisnis, (18/2/2019).

Dengan melihat hal tersebut, Zaldi mengusulkan agar dibentuk maskapai khusus yang menangani pengiriman barang. Menurutnya, maskapai Merpati yang tengah digodog kebangkitannya kembali dapat menjadi maskapai yang dimaksud.

Dia melanjutkan, pengangkutan kargo dapat difokuskan mengangkut di daerah Indonesia timur. Hal ini lanjutnya, dapat menggantikan subsidi tol udara yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"[Subsidi tersebut] lebih baik dipakai untuk menghidupkan Merpati sebagai maskapai khusus kargo udara. Ddengan kasus tingginya biaya kargo udara bisa menjadikan rencana Merpati lebih cepat lagi tapi fokus ke kargo jangan ke penumpang lagi," imbuhnya.

Selain itu, menurutnya, beberapa perusahaan jasa pengiriman ekspres besar dapat turut serta dalam permodalan Merpati sehingga posisinya sebagai angkutan kargo udara menjadi lebih kuat.

Zaldi menilai saat ini potensi bisnis kargo udara sangatlah besar. Potensinya dapat dilihat dari data kenaikan kargo udara yang sampai 15% setiap tahunnya. Sementara itu, keberadaan kargo udara juga memberikan dampak ekonomi yang besar bagi UKM.

Sebelumnya, PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) semakin optimistis maskapai penerbangan itu dapat beroperasi kembali jika lolos dari belenggu penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU).

 

Sumber:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190218/98/890247/jika-merpati-hidup-lagi-tarif-kargo-udara-bisa-murah

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved