News Detail
Antisipasi Lonjakan Arus Barang Jelang Ramadan di Tanjung Priok

m.jpnn.com, Selasa 06 Mei 2014

JAKARTA  - Pelaku usaha angkutan logistik pelabuhan mengingatkan ancaman kongesti di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, selalu muncul kenaikan arus barang.

Ketua  Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Gemilang Tarigan mengakui, memang hingga saat ini, belum ada kenaikan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok secara signifikan. Namun dia memastikan, semakin mendekati bulan puasa, maka arus barang akan semakin meningkat.

"Mendekati puasa dan lebaran, akan ada lonjakan yang tinggi," kata Gemilang Tarigan mengingatkan.

 Dia memperkirakan, lonjakan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok yang diperkirakan mencapai 20 persen hingga  30 persen. Dia juga mengingatkan antisipasi juga harus dilakukan oleh operator logistik pelabuhan.

Menurut dia, kondisi kongesti di pelabuhan dapat diantisipasi dengan memaksimalkan pelabuhan di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok atau yang terdekat seperti Pelabuhan Marunda, Cikarang Dry Port (CDP), Tanjung Perak maupun Tanjung Emas.

Tarigan menambahkan usulan agar shipper  dapat mengalihkan sebagian importnya keluar pelabuhan Tanjung Priok akan membantu mengurangi kongesti di pelabuhan internasional tersebut. Hanya saja, lanjutnya, cara itu tetap sulit mengatasi kongesti di jalan raya akibat lonjakan arus barang secara tiba-tiba tersebut.

"Kenaikan arus barang yang cenderung terjadi secara tiba-tiba di Pelabuhan Tanjung Priok akan memicu meningkatkan volume kendaraan berlalu lintas sehingga mengancam terjadinya kongesti d Jalan Raya," ujarnya.

Hal senana sebelumnya disampaikan Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Masita. Dia mengatakan kepadatan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok setiap menjelang Puasa dan Lebaran selalu menjadi ancaman bagi memburuknya performance dwelling time di pelabuhan tersebut.

"Sekarang, apa saja usaha OP untuk menghadapi lebaran dimana kapasitas infrastruktur tetap sama dengan  tahun lalu, tapi volumenya akan naik tinggi sampai 20 persen hingga 30 persen ini. Belum ada langkah kongkritnya," cetusnya.

Zaldi mengharapkan para  shipper mulai mengalihkan importnya ke CDP (Cikarang Dry Port), Marunda, atau pelabuhan laut seperti Tanjung Perak dan Tanjung Emas agar tidak mengalami dwelling time sampai dua minggu di Pelabuhan Tanjung  Priok.

 Sebab, jika dwelling time di Priok terus memburuk, citra sistem logistik di Indonesia akan memburuk di dunia internasional. "Sudah saatnya, impor maupun ekspor melalui Tanjung Priok dialihkan melalui pelabuhan lain agar kegiatan ini tidak menumpuk di satu pelabuhan," pungkasnya. (sam/jpnn)

Sumber:

http://m.jpnn.com/news.php?id=232700


Back to List

01 Dec 2021

Fakta-Fakta Terkini Seputar \'Kiamat\' Kontainer, Simak Ya..

Emir Yanwardhana, Cnbcindonesia.com, Selasa 30 November 2021

25 Nov 2021

Kemendag: Penerapan Smart Logistic Wujudkan Perdagangan Lebih Efisien

Kontan.co.id, Rabu, 24 November 2021

20 Sep 2021

Integrasi Pelindo, Satu Standar Pelayanan dari Timur ke Barat

Fikri Halim, Viva.co.id, Minggu 19 September 2021

09 Sep 2021

Panggil Pengusaha, Jokowi Cari Jalan Keluar Kelangkaan Kontainer

Rizky Alika, Katadata.co.id, Rabu 8 September 2021

01 Sep 2021

Begini tanggapan ALI soal kelangkaan dan kenaikan tarif kontainer

Ridwan Nanda Mulyana, Kontan.co.id, Selasa 31 Agustus 2021

18 Aug 2021

Tarif jalan tol Jakarta-Surabaya akan naik, ini tanggapan pelaku usaha

Ridwan Nanda Mulyana, Kontan.co.id, Selasa 17 Agustus 2021

12 Aug 2021

´╗┐Kebijakan zero ODOL perlu kajian komprehensif

Jane Aprilyan, Kontan.co.id, Selasa 10 Agustus 2021

29 Jul 2021

Industri Logistik Jajaki Digitalisasi di Tengah Pandemi

M Julnis Firmansyah, Tempo.co, Kamis 29 Juli 2021

23 Jul 2021

Supply Chain Mulai Gunakan Teknologi 4.0, ALI Ingatkan Ini

Rahmi Yati, Bisnis.com, Kamis 22 Juli 2021

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved