News Detail
Antisipasi Lonjakan Arus Barang Jelang Ramadan di Tanjung Priok

m.jpnn.com, Selasa 06 Mei 2014

JAKARTA  - Pelaku usaha angkutan logistik pelabuhan mengingatkan ancaman kongesti di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, selalu muncul kenaikan arus barang.

Ketua  Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Gemilang Tarigan mengakui, memang hingga saat ini, belum ada kenaikan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok secara signifikan. Namun dia memastikan, semakin mendekati bulan puasa, maka arus barang akan semakin meningkat.

"Mendekati puasa dan lebaran, akan ada lonjakan yang tinggi," kata Gemilang Tarigan mengingatkan.

 Dia memperkirakan, lonjakan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok yang diperkirakan mencapai 20 persen hingga  30 persen. Dia juga mengingatkan antisipasi juga harus dilakukan oleh operator logistik pelabuhan.

Menurut dia, kondisi kongesti di pelabuhan dapat diantisipasi dengan memaksimalkan pelabuhan di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok atau yang terdekat seperti Pelabuhan Marunda, Cikarang Dry Port (CDP), Tanjung Perak maupun Tanjung Emas.

Tarigan menambahkan usulan agar shipper  dapat mengalihkan sebagian importnya keluar pelabuhan Tanjung Priok akan membantu mengurangi kongesti di pelabuhan internasional tersebut. Hanya saja, lanjutnya, cara itu tetap sulit mengatasi kongesti di jalan raya akibat lonjakan arus barang secara tiba-tiba tersebut.

"Kenaikan arus barang yang cenderung terjadi secara tiba-tiba di Pelabuhan Tanjung Priok akan memicu meningkatkan volume kendaraan berlalu lintas sehingga mengancam terjadinya kongesti d Jalan Raya," ujarnya.

Hal senana sebelumnya disampaikan Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Masita. Dia mengatakan kepadatan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok setiap menjelang Puasa dan Lebaran selalu menjadi ancaman bagi memburuknya performance dwelling time di pelabuhan tersebut.

"Sekarang, apa saja usaha OP untuk menghadapi lebaran dimana kapasitas infrastruktur tetap sama dengan  tahun lalu, tapi volumenya akan naik tinggi sampai 20 persen hingga 30 persen ini. Belum ada langkah kongkritnya," cetusnya.

Zaldi mengharapkan para  shipper mulai mengalihkan importnya ke CDP (Cikarang Dry Port), Marunda, atau pelabuhan laut seperti Tanjung Perak dan Tanjung Emas agar tidak mengalami dwelling time sampai dua minggu di Pelabuhan Tanjung  Priok.

 Sebab, jika dwelling time di Priok terus memburuk, citra sistem logistik di Indonesia akan memburuk di dunia internasional. "Sudah saatnya, impor maupun ekspor melalui Tanjung Priok dialihkan melalui pelabuhan lain agar kegiatan ini tidak menumpuk di satu pelabuhan," pungkasnya. (sam/jpnn)

Sumber:

http://m.jpnn.com/news.php?id=232700


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved