News Detail
Penggunaan Drone Ditargetkan Tekan Biaya Logistik 80 Persen  

Rahayu Subekti, Republika.co.id, Selasa 22 Oktober 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah mengevaluasi aturan penggunaan pesawat tanpa awak atau drone karena nantinya dapat digunakan untuk mengangkut logistik. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) mengharapkan penggunaan drone bisa menghemat biaya logistik.

"Kita harapkan bisa hemat sampai 80 persen dibandingkan kargo udara selama ini," kata Ketua ALI Zaldy Ilham Masita kepada Republika, Selasa  (22/10).

Sebab, Zaldy menilai penggunan drone sangat efektif untuk menjembatani pengiriman logistik. Terutama dalam pengiriman logistik antarpulau yang masih sangat mengandalkan transportasi udara.

"Kami sangat mengharapkan realisasi pengiriman logistik menggunakan drone di Indonesia cepat terlaksana karena teknologi sudah sangat memungkinkan," jelas Zaldy.

Untuk itu, Zaldy mengharapkan pemerintah segera merampungkan revisi aturan penggunaan drone khususnya untuk menyesuaikan dalam pengiriman logisitik. Dia menilai penggunaan drone biaya logistik dapat lebih murah dan cepat serta jangkauan lebih luas.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan akan merevisi regulasi mengenai penggunaan pesawat tanpa awak atau drone dengan teknologi Unmanned Aircraft Vehicle (UAV). Regulasi yang saat ini ada yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 47 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 180 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia.

"Sudah direview (aturan penggunaan drone) hanya memang sedang ada peninjauan kembali. Paling lambat tahun ini kita sudah punya regulasi yang baik," kata Polana di Jakarta, Selasa (22/10).

Dia menjelaskan pada dasarnya penggunanan drone saat ini perlu diantisipasi oleh dunia penerbangan di seluruh dunia. Sebab, Polana mengatakan saat ini penggunaan pesawat tanpa awak tak hanya untuk hobi atau fotografi.

"Saat ini (drone) fungsinya sudah berkembang. Meluas mulai dari angkat kargo, penumpang, bahkan ada yang digunakan untuk senjata," ujar Polana.

Polana mengakui saat ini permintaan penggunaan drone untuk logistik sudah cukup banyak. Dia menuturkan maskapai Garuda Indonesia, beberapa e-commerce meminta uji coba penggunana drone.

 

Sumber:

https://republika.co.id/berita/pzrs0z383/penggunaan-drone-ditargetkan-tekan-biaya-logistik-80-persen

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved