News Detail
E-Commerce Minta Free Ongkir, Pengusaha Logistik Tekor

Indozone.id, Rabu 11 Desember 2019  

INDOZONE.ID - Sejak beberapa tahun terakhir, platform belanja online sangat marak dan begitu cepat perkembangannya di tanah air. Meski demikian, hal ini tak serta merta dinikmati oleh pengusaha logistik. Padahal seharusnya, kedua industri tersebut saling bermutualisme ketika ekonomi digital mulai menanjak.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita di Jakarta, Rabu (11/12). Menurut Zaldy, banyak perusahaan logistik yang kini mengalami kesulitan. Banyak dari mereka yang keuntungannya tergerus. Ini disebabkan makin banyak perusahaan logistik yang bekerja sama dengan perusahaan situs belanja online e-commerce.

Demi menarik konsumen, biaya ongkos kirim semakin ditekan. Akhirnya banyak e-commerce meminta perusahaan logistik ikut bakar uang demi memuluskan layanan free ongkos kirim.

"Akhirnya ya profit kalangan pebisnis logisitik semakin berat. Jadi buat mereka untuk IPO, menjadi agak berat,” kata Zaldy.

Meski demikian, Zaldy menilai di tahun 2020 sektor logistik akan bergerak naik. Ia cukup optimis bahwa pertumbuhan industri logistik nasional pada tahun depan bisa mencapai 12-13 persen.

Setidaknya ada tiga faktor yang menurutnya akan menopang pertumbuhan industri logistik pada tahun depan. Pertama adalah konsumsi domestik yang bakal lebih besar pada tahun 2020.

Kedua, perdagangan online juga semakin naik. Mayoritas produk yang diperjual belikan secara online merupakan produk lokal. Ketiga, pembangunan infrastruktur terus berlanjut yang bakal meningkatkan keterhubungan antar wilayah di Indonesia.

“Dampak pembangunan infrastruktur pasti ada, tapi jangka panjang, bukan jangka pendek. Contoh Ternate, waktu hanya ada pelabuhan, hanya bisa kirim ikan beku ke Jawa. Sekarang ada bandara, bisa kirim ikan segar ke Jawa. Harga ikan segar lebih tinggi dari ikan beku,” pungkasnya.

 

Sumber:

https://www.indozone.id/news/9Ds8j5/e-commerce-minta-free-ongkir-pengusaha-logistik-tekor

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved