News Detail
Sektor Industri Tanah Air Belum Terdampak Virus Corona

Larissa Huda, Tempo.co, Selasa 28 Januari 2020

TEMPO.CO, Jakarta -  Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rochim mengatakan ekspor-impor  makanan dan minuman hingga saat ini belum terganggu oleh penyebaran virus corona di Cina. Menurut dia, bahan pangan yang seharusnya dihindari saat ini adalah impor makanan segar, baik produk hewani atau pun nabati yang belum melaui proses industri.

Meskipun tak sedikit bahan baku industri pangan dalam negeri membutuhkan impor dari Cina, Rochim mengatakan, belum ada indikasi gangguan produktivitas industri. Pasalnya, kata Rochim, pada umumnya bahan baku makanan dari Cina bersifat setengah jadi dan tidak secara khusus hanya dari provinsi tertentu. "Kalau ada dari provinsi yang aksesnya ditutup, saya yakin masih bisa disuplai dari provinsi lain," tutur Rochim di Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman mengakui masih belum bisa memprediksi dampak penyebaran virus corona terhadap industri makanan dan minuman. Saat ini, kata Adhi, pelaku usaha masih melihat perkembangan dampak virus tersebut terhadap perekonomian.

Sejauh ini, Adhi mengatakan industri dalam negeri masih mengimpor bahan baku yang sudah olahan seperti asam sitrat dan jus buah. "Kami masih melihat perkembangan. Seharusnya  malahan produk pangan olahan dibutuhkan kalau ada kondisi seperti di Wuhan, Cina," tutur Adhi di Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan Cina belum menutup fasilitas logistik seperti pelabuhan dan bandara, sehingga belum berdampak pada industri. Menurut dia, apabila sudah ada penutupan akses, maka akan berdampak pada ekonomi Indonesia yang akhirnya juga ikut berdampak pada logistik.

"Seharusnya dengan merebaknya virus corona maka peran logistik menjadi sangat penting karena pergerakan barang akan lebih dominan untuk mendukung pergerakan manusia yang melambat karena kebutuhan sehari-hari untuk hidup masih dibutuhkan," ujar Zaldy.

 

Sumber:

https://bisnis.tempo.co/read/1300366/sektor-industri-tanah-air-belum-terdampak-virus-corona/full&view=ok

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved