News Detail
Ekonomi Menghadapi Tekanan Bertubi, Pebisnis Logistik Ikut Kena Dampak

Selvi Mayasari, Kontan.co.id, Senin 2 Maret 2020

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan bertubi-tubi mengancam sektor bisnis. Pengusaha Indonesia sedang gundah lantaran prospek bisnis semakin meredup. Ada sejumlah faktor yang membayangi perekonomian, mulai dari pelemahan ekonomi global, virus corona, dan kini rupiah yang kembali anjlok.

Pengusaha jasa logistik di Tanah Air juga merasakan efeknya. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menyampaikan strategi untuk menghadapi redupnya pertumbuhan ekonomi yang akan berdampak pada bisnis logistik yaitu dengan fokus kepada pasar logistik dalam negeri.

Zaldy Ilham Masita, Chairman ALI mengatakan, para pengusaha jasa logistik harus melakukan otomasi pada beberapa proses di dalam logistik untuk mengurangi biaya logistik dan menggunakan teknologi baru seperti sistem loker untuk delivery. "Sehingga mengurangi kontak antar manusia yang berkaitan dengan penyebaran virus," ujar Zaldy kepada kontan.co.id, Senin (02/3).

Menurut Zaldy, belajar dari kasus corona virus di Wuhan dimana kapasitas logistiknya sempat mengalami turun drastis, banyak persiapan yg harus dilakukan pengusaha jasa logistik di Indonesia.

"Saya melihat pengiriman melalui smart locker yang telah dilakukan oleh Paxel sangat cocok untuk mengurangi penularan virus corona, karena memakai locker untuk pengiriman barang dan tidak membutuhkan warehouse untuk melakukan sorting. Saya rasa itu bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan pebisnis logistik di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Indonesia Maritime Transportation and Logistic Watch (IMLOW) Achmad Ridwan Tento menuturkan, pada situasi seperti ini strategi yang harus dijalankan pebisnis logistik adalah melakukan efisiensi di berbagai bidang dengan teknologi informasi .

"Menjalankan usaha yang sudah berjalan dengan sebaik mungkin. Jangan melakukan ekspansi usaha dalam kondisi saat ini. Lebih baik wait and see," ujar Ridwan.

Kata Ridwan, saat ini kegiatan ekspor impor juga sudah terdampak oleh adanya virus corona ini dan pebisnis logistik itu berjalan sesuai dengan kegiatan ekspor impor.

 

Sumber:

https://industri.kontan.co.id/news/ekonomi-menghadapi-tekanan-bertubi-pebisnis-logistik-ikut-kena-dampak


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved