News Detail
Penghentian Penerbangan Penumpang Ganggu Pengiriman Kargo

Rahayu Subekti, Republika.co.id, Rabu 29 April 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbangan komersial penumpang saat ini dihentikan sementara setelah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) terbit. Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan penghentian sementara penerbangan penumpang berdampak kepada pengiriman kargo

"Sejak Permenhub untuk menutup penerbangan komersial, logistik menjadi sangat terganggu karena penerbangan kargo sangat sedikit," kata Zaldy kepada Republika, Rabu (29/4).

Dia menjelaskan selain penerbangan kargo sedikit, jadwalnya juga tidak pasti. Hal tersebut menurutnya membuat pengiriman kargo melalui jalur udara justru menjadi terganggu padahal seharusnya logistik tidak boleh terdampak akibat pembatasan transportasi. Zaldy mengungkapkan saat ini terjadi penumpukan kargo di bandara-bandara yang ada di Indonesia.

"Terutama bandara transit seperti Soekarno-Hatta Cengkareng, Juanda Surabaya, dan Sultan Hasanuddin Makassar," ungkap Zaldy.

Dia mengharapkan pemerintah segera membenahi angkutan kargo udara. Khususnya pengiriman logistik pada masa pandemi ini karena penerapan pembatasan transportasi bagi penumpang sudah dilakukan setelah presiden resmi melarang mudik.

"Angkutan udara sangat penting untuk membawa alat kesehatan ke berbagai saerah dan juga pengiriman bahan makanan ke daerah kota-kota besar," ujar Zaldy.

Meskipun begitu, Zaldy mengakui upaya pembatasan transportasi bagi penumpang sudah tepat dilakukan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran virus korona. Hanya saja, Zaldy menilai Kementerian Perhubungan juga harus siap dengan penerbangan kargo sebagai pengganti pesawat komersial.

 

Sumber:

https://republika.co.id/berita/q9iyb9335/penghentian-penerbangan-penumpang-ganggu-pengiriman-kargo

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved