News Detail
ALI: Kunci Pertumbuhan Jasa Logistik Ada di Pemulihan Daya Beli

Tempo.co, Minggu 7 Juni 2020

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita menilai pemulihan daya beli masyarakat menjadi kunci sukses kebangkitan sektor logistik. Dia mengatakan kunci menumbuhkan kembali daya beli masyarakat tergantung pada kebijakan pemerintah.

"Kalau pemerintah bisa menumbuhkan daya beli masyarakat kembali pada bulan Agustus dan seterusnya makan berangsur-angsur logistik akan mulai bergerak mengikuti industri dan perdagangan yang tumbuh," kata dia, Minggu 7 Juni 2020. 

Dia berharap perusahaan-perusahaan logistik dapat beradaptasi dengan fase kenormalan baru yang ada. Para perusahaan ini perlu membentuk digitalisasi dari proses logistiknya, meningkatkan SDM logistiknya dengan berbagai pelatihan hinga menjajaki bisnis logistik model baru.

Perusahaan-perusahaan logistik, kata dia, perlu melihat pelanggan dan kliennya setelah fase pandemi virus corona dan new normal. Karena ada perusahaan yang berubah dan ada yang tetap untuk bisa menyesuaikan bisnis model logistik sesuai dengan para pelanggannya.

Menurutnya, sektor logistik sudah mulai terkonstraksi sejak Januari 2020 karena penurunan impor dan ekspor dari dan ke China terjadi pada Januari 2020, China mulai melakukan lockdown dan libur Tahun Baru China yang berlanjut sampai Maret 2020.

Sejak Maret 2020, sektor-sektor logistik yang melayani industri atau perdagangan terhenti karena Covid 19 juga berdampak. Hingga Mei 2020, sektor logistik yang melayani sektor yang masih bergerak atau naik karena Covid-19 yang masih bisa menjalankan bisnisnya, seperti pendukung sektor e-commerce, FMCG (fast moving consumer goods) dan F&B walaupun pertumbuhannya lebih rendah dari kondisi normal.

"Mulai Juni sampai Agustus mungkin, diperkirakan sektor logistik secara keseluruhan juga akan berkurang lagi karena daya beli masyarakat yang semakin lemah sehingga semua sektor industri dan perdagangan akan terkena dampaknya termasuk sektor yang pada Maret sampai Juni 2020 masih bisa bergerak karena Covid-19," urainya.

 

Sumber:

https://bisnis.tempo.co/read/1350721/ali-kunci-pertumbuhan-jasa-logistik-ada-di-pemulihan-daya-beli/full&view=ok

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved