News Detail
ALI Proyeksikan Biaya Logistik Akan Meningkat Jika Tarif Sewa Gudang Naik

Sugeng Adji Soenarso, Kontan.co.id, Selasa 26 Januari 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menilai biaya logistik akan meningkat apabila PT Angkasa Pura II tetap meningkatkan tarif sewa pergudangan.

Ketua Umum ALI Zaldy Masita meyebutkan kebijakan untuk meningkatkan pendapatan dari gudang kargo di Bandara AP II dengan cara lelang biaya sewa, adalah suatu kebijakan yang kontra produktif. Menuruntya, seharusnya AP II fokus mengenai pembuatan proses di gudang kargo yang efisien dan lebih cepat.

Hal itu, dinilai juga sebagai langkah untuk memperbesar volume kargo udara melalui bandara AP II dan membantu perekonomian Indonesia yang sedang sudah dengan memberikan biaya gudang yang lebih rendah. "Bukan malah sebaliknya dengan memberikan beban tambahan dengan kenaikan biaya kargo gudang di bandara," ujarnya kepada kontan.co.id, Senin (26/1).

Ia menjelaskan potensi kenaikan tarif itu lantaran dengan lelang maka pengusaha dengan harga penawaran tertinggi yang akan menang. Dengan begitu, pemenang disebutnya harus menaikan biaya gudang untuk konsumen supaya bisa memenuhi penawaran yang sudah diajukan.

Lanjutnya, kebijakan tarif gudang sendiri sudah berlangsung lama yang mana setiap tahun mengalami kenaikan. Padahal, fasilitas di gudang kargo bandara tidak ada perbaikan proses loading dan unloading. "Dulu 2 jam dan sekarang 4 jam, sangat tidak efisien dan memberatkan pengguna jasa gudang kargo bandara," sebutnya.

Di tengah lesunya industri penerbangan, ia melihat bahwa andalan utama dari maskapai saat ini adalah layanan kargo akibat penurunan drastis dari sisi jumlah penumpang. Pihaknya khawatir kebijakan dari AP II untuk gudang kargo akan semakin memukul maskapai penerbangan dan pengirimn logistik kn makin banyak yang menghindari pengiriman lewat udara.

"Karena sudah pasti naik, tetapi untuk angka pastinya masih menunggu dari AP II," ujarnya.

Secara terpisah, manajemen AP II belum bisa membeberkan informasi terkait kenaikan harga sewa. "Untuk ini saya belum bisa memberikan informasi, baru informasi kemarin yang bisa kami berikan," ujarnya, Selasa (26/1).

Sebelumnya, AP II memastikan bahwa saat ini proses lelang untuk pengelolaan Klaster 2 di kawasan pergudangan kargo Lini-1 Bandara Soekarno-Hatta tetap berjalan.

Senior Manager of Cargo & Aero Support Bandara Soekarno-Hatta Ngatimin K. Murtono mengatakan pengelolaan gudang di kawasan pergudangan kargo Lini-1 Bandara Soekarno-Hatta saat ini menerapkan skema konsesi antara PT Angkasa Pura II dan operator dengan besaran bagi hasil yang bervariasi.

"Ke depannya, skema konsesi akan diikuti dengan penyeragaman bagi hasil yang sama, karena itu kami membuka proses lelang ini. Model bisnis baru di sektor kargo ini adalah demi terciptanya perlakuan yang sama dan adil bagi seluruh operator dengan penyeragaman bagi hasil,” ujarnya.

Selanjutnya: Permintaan pergudangan meningkat seiring berkembangnya sektor logistik

 

Sumber:

https://industri.kontan.co.id/news/ali-proyeksikan-biaya-logistik-akan-meningkat-jika-tarif-sewa-gudang-naik

 


Back to List

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

06 Mar 2024

Bandara Kualanamu terapkan ekosistem lalu lintas logistik yang efisien

Muhammad Harianto, Antaranews.com, Selasa 5 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved