News Detail
Pelabuhan Tanjung Priok Macet, Ini Tanggapan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI)

Dimas Andi, Kontan.co.id, Jumat 04 Maret 2022

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) turut menyoroti kemacetan parah yang melanda di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu (2/3) lalu. Asal tahu saja, kemacetan terjadi akibat gangguan listrik di Common Gate Area (CGA) Terminal New Priok Container Terminal One (NPCT-1).

Ketua Umum ALI Mahendra Rianto mengaku belum bisa mendeteksi jumlah anggota ALI yang mengalami kerugian akibat kemacetan di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok dua hari yang lalu.

Walau begitu, ia memperkirakan, kemacetan parah di pelabuhan tersebut bisa membuat pengendara kontainer logistik kehilangan waktu minimum 6 jam. Hal ini dengan asumsi terdapat 20.000 kontainer per hari yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Priok yang notabene memiliki 5 terminal untuk kebutuhan ekspor impor.

“Kontainer akan kehilangan satu rit (perjalanan bolak-balik) untuk besoknya. Bila satu rit biayanya minimal Rp 1 juta, maka potensi ruginya Rp 20 miliar per hari. Ini di luar biaya storage pelabuhan, biaya inap, denda, dan lain-lain,” ungkap dia, Jumat (4/3).

Mahendra menambahkan, kondisi CGA NPCT-1 dinilai kurang ideal karena menjadi satu-satunya akses menuju ke 5 terminal peti kemas Tanjung Priok. Kemacetan pun menjadi hal yang lumrah di sana, apalagi jika terdapat kendaraan yang mogok atau mengalami kecelakaan di sekitar pelabuhan.

Biasanya, truk-truk kontainer bisa lebih cepat keluar masuk pelabuhan di waktu tengah malam, ini pun dengan catatan bahwa tidak ada kendala di dalam terminal.

Pihak ALI pun mengusulkan upaya mengoptimalkan kegiatan ekspor-impor di beberapa pelabuhan lain seperti Merak, Cikarang Dry Port (CDP), dan Patimban. Setidaknya, aktivitas ekspor-impor tidak terkonsentrasi di satu tempat saja.

“Selain itu, agar pelaku usaha tidak dirugikan, mereka juga bisa diberikan keringanan biaya seperti diskon biaya penumpukan ketika terjadi masalah teknis di pelabuhan,” tandas dia.

 

Sumber:

https://industri.kontan.co.id/news/pelabuhan-tanjung-priok-macet-ini-tanggapan-asosiasi-logistik-indonesia-ali

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved