News Detail
Provinsi Banten Butuh Pelabuhan Darat

Gloria F.K. Lawi, Bisnis Indonesia, Rabu 27 April 2015

JAKARTA  - Pelaku usaha jasa logistik menyarankan pemerintah membangun pelabuhan darat sejenis Cikarang Dry Port di Banten guna menurunkan beban arus barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

 

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita menyatakan kehadiran pelabuhan darat Cikarang Dry Port (CDP) di kawasan industry Jawa Barat, sangat membantu pengguna jasa untuk mengefisienkan waktu dan biaya.

 

“Karena meningkatnya beban Tanjung Priok, sementara kami melihat pelabuhan darat Cikarang Dry Port bisa menopang, kami menilai penting dibangun pelabuhan sejenis di Banten,” katanya kepada Bisnis, Selasa (26/4).

 

Saat ini, menurutnya, Banten belum ada pelabuhan darat sehingga arus barang masih terkonsentrasi di Pelabuhan Tanjung Priok. Padahal, kawasan industry di daerah Tanggerang, Banten sedang berkembang.

 

“Kalau di Banten ada, di Priok bisa dibagi. Industri yang di Barat masuk ke Banten, yang di Timur masuk CDP. Jadi kami harapkan bisa ada seperti itu, dibuat oleh swasta,” jelasnya.

 

Selain itu, keuntungan lainnya adalah keberadaaan kereta api di Banten yang akan memudahkan akses arus barang dari Banten ke Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan langkah itu, waktu sekaligus biaya bisa mengalami penghematan.

 

“Kalau industri di Jawa Tengah ini belum karena pelabuhan mereka ada dua pilihan, bisa melalui Priok atau Pelabuhan Tanjung Perak, kalau Tanjung Mas belum berkembang sebenarnya,” sambungnya.

 

Selain pembangunan pelabuhan darat, lanjutnya, opsi yang lain untuk menurunkan beban arus barang adalah pembangunan Pelabuhan Patimban di Jawa Barat untuk menopang industri di Jawa Barat.

 

General Manager Commercials PT Cikarang Inland Port operator CPD Imam Wahyudi menyatakan pihaknya akan bersinergi dengan calon pelabuhan baru yang akan dibangung pemerintah antara lain Pelabuhan Patimban dan Inland Waterways-Kanal Cikarang Bekasi Laut.

 

“Mungkin pergeseran  bisnis dan visi pemerintah membangun industri kawasan timur kami juga ada possibility membangun lagi pelabuhan darat. Tetapi, yang jelas mungkin di Jawa Tengah karena adanya perkembangan industri di sana, dibutuhkan pelabuhan darat,” tutur Imam.

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved