News Detail
Pelabuhan Patimban Dinilai Pengusaha Cocok Gantikan Tanjung Priok

Lily Rusna Fajriah, Selasa, 3 Mei 2016

JAKARTA - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menilai Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat sangat cocok untuk menggantikan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sebagai pelabuhan ekspor-impor berkelas internasional. Pasalnya, Tanjung Priok kini sudah tidak bisa dikembangkan dan lalu lintasnya sudah semakin semrawut.

Ketua Umum ALI Zaldy Ilham Masita mengungkapkan, Pelabuhan Patimban cocok menggantikan Tanjung Priok juga karena lokasinya sangat berdekatan dengan kawasan industri di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan begitu, ongkos logistik di Tanah Air pun akan semakin murah dan kompetitif.

"Biaya logistik juga akan lebih murah. Tanjung Priok seharusnya tidak dikembangkan lagi karena memang sudah tidak cocok menjadi pelabuhan internasional," katanya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Selasa (3/5/2016).


Menurutnya, Tanjung Priok sudah tidak cocok dijadikan pelabuhan ekspor-impor karena lalu lintasnya yang sudah padat dan akses jalannya terbatas. Apalagi, 85% pemakai jasa di Tanjung Priok berasal dari luar DKI Jakarta.

"Tanjung Priok semrawut karena akses jalannya terbatas. Makanya sudah tidak cocok menjadi pelabuhan internasional. Apalagi 85% pemakai jasanya berasal dari luar ibu kota," imbuh dia.


Dia menyarankan, Pelabuhan Tanjung Priok untuk dialihfungsikan menjadi pelabuhan domestik dan tempat bersandar kapal pesiar. Sementara kegiatan ekspor dan impor, dialihkan ke Pelabuhan Patimban.

"Lebih baik Tanjung Priok diubah menjadi pelabuhan domestik dan kapal pesiar saja.? Kita sangat mengharapkan pelabuhan Patimban direalisasikan secepatnya," tandasnya.

 

Sumber : http://ekbis.sindonews.com/read/1105940/34/pelabuhan-patimban-dinilai-pengusaha-cocok-gantikan-tanjung-priok-1462276579


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved