News Detail
Indonesia Tuan Rumah Pameran Logistik Terbesar

Lona Olavia/MER, Beritasatu.com, Rabu 23 November 2016

Jakarta - Momentum integrasi pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN yang tengah berkembang pesat menjadi salah satu logistik hub terpenting di dunia menjadi daya tarik bagi Deutsche Messe selaku penyelenggara pameran menggelar pameran logistik di Indonesia. Indonesia diyakini dapat menyusul kesuksesan penyelenggaraan intralogistik terbesar di dunia setelah digelar di Jerman, Tiongkok, Rusia, India dan Australia.

 

"Kawasan ASEAN menawarkan peluang bisnis yang luar biasa bagi perusahaan logistik," kata Krister Sandvoss dari Deutsche Messe di Jakarta, Rabu (23/11).

 

Pada pameran CeMat Southeast/TransAsia Jakarta/Cold Chain Indonesia yang akan berlangsung 2-4 Maret 2017 di ICE BSD City, perusahaan penyelenggara pameran asal Jerman itu menggandeng ITE Group Plc dari Inggris melalui PT Debinto-ITE. Pameran ini diprediksi akan menarik peserta dari luar negeri seperti Tiongkok, Jepang, Italia, Singapura, Taiwan, Malaysia, dan India. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan akan datang dari seluruh kawasan Asia Tenggara.

 

Direktur Industri, Transport, dan Logistik dari ITE Group Pte Laurent Noel mengatakan, kolaborasi antara ITE di sektor logistik transpor dan Deutsche Messe di sektor handling material dan intralogistik merupakan paduan yang tepat apalagi tahun 2017, Pemerintah Indonesia akan menyelesaikan bagian pertama dari proyek infrastruktur baru di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan yang akan merangsang pertumbuhan perekonomian setempat.

 

Ketua Kadin Rosan Roeslani menilai, pameran ini akan menampilkan solusi dan produk mutakhir untuk mengubah Indonesia menjadi salah satu hub logistik di Asia. "Selama ini di logistik ada ekonomi biaya tinggi yang bisa mencapai 24% dari GDP dan menjadi hambatan utama pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya.

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono menambahkan, keberadaan ASEAN membuktikan bahwa pasar regional yang terintegrasi secara positif akan mempengaruhi pertumbuhandan kelangsungan perdagangan. Logistik, pasalnya memainkan peran yang krusial di masa arus bebas barang dan jasa seperti saat ini.

 

Penyelenggaraan CeMat Southeast Asia ini mendapatkan dukungan berbagai pihak antara lain Kadin, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, serta German Engineering Association (VDMA) dan European Federation of Materials Handling (FEM).

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/400831-indonesia-tuan-rumah-pameran-logistik-terbesar.html

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved