News Detail
Bisnis Jasa Kurir Perlu Ekspansi Ke Indonesia Timur

Gloria Fransisca K. Lawi, Bisnis.com, Selasa 17 Januari 2017

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha jasa kurir memerlukan strategi peningkatan teknologi dan menambah fasilitas pergudangan serta maskapai penerbangan untuk memperluas bisnis ke pelosok Indonesia.

 

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita mengatakan ekspansi bisnis jasa kurir di Indonesia akan semakin kuat berkat bisnis e-commerce.

 

Pertumbuhan itu juga diprediksi tidak hanya akan terjadi di Jawa, tetapi juga di luar Pulau Jawa. Misalnya saja di Indonesia bagian Timur khususnya Manado dan Makassar.

 

“Pembuatan aplikasi tidak bisa dihindari lagi, pembuatan aplikasi bisa dilakukan bersama-sama melalui asosiasi sehingga biayanya tidak terlalu besar,” ungkap Zaldy kepada Bisnis, Selasa (17/1/2017).

 

Menurut Zaldy, gencarnya perusahaan logistik asing ke Indonesia menjadi pertanda perusahaan kurir dalam negeri harus bisa bersaing atau berkolaborasi dengan perusahaan jasa kurir asing. Caranya dengan memperkuat jaringan teknologi dan menambah infrastruktur pendukung.

 

“Karena mau tak mau, sekarang harus ada aplikasi untuk meningkatkan pelayanan,” sambungnya.

 

Misalnya saja, pada 2014 lalu, PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan aplikasi untuk versi Android yang disebut dengan KantorPos Mobile. Aplikasi ini dapat di unduh resmi di Play Store untuk Smartphone maupun Tablet Android.

 

Untuk memperluas bisnis ke Indonesia bagian Timur, pada 13 Januari 2017 lalu perusahaan jasa kurir pelat merah, PT Pos Indonesia atau Posindo bekerjasama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) membuka outlet perdana kerjasama layanan kargo di Makassar, Sulawesi Selatan.

 

Kepala Regional 10 PT Pos Indonesia, Arifin Muchlis menyatakan bahwa layanan kerjasama gerai di Kantor Pos Makassar ini menggunakan konsep rural logistik. Konsep ini memungkinkan pengiriman kargo Garuda Indonesia yang selama ini dilayani melalui “port-to-port” dilanjutkan dengan jaringan distribusi Pos Indonesia langsung.

 

Sementara itu, Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono mengatakan pembukaan gerai Garuda Cargo di Kantor Pos Makassar ini seturut dengan program pemerintah untuk memperkuat sinergi antar badan usaha milik negara (BUMN).

 

Kerjasama ini juga memperluas pasar dengan menawarkan layanan ‘door to door’. Rencananya, Garuda Indonesia akan memperkuat bisnis jasa kurir seiring dengan jaringan distribusi yang dimiliki Garuda lebih dari 60 port domestik.

 

Untuk tahap awal, Garuda Indonesia dan Posindo menargetkan pembukaan outlet-outlet ini di wilayah Indonesia bagian Timur dengan menjadikan outlet di Kantor Pos Makassar sebagai ‘pilot project’. Hal ini mengingat kota Makassar menjadi hub internasional di Indonesia bagian Timur.

 

“Selain mengoptimalkan pengiriman general cargo, valuable goods, dan dangerous goods, Garuda Indonesia juga dapat mulai memaksimalkan penggarapan salah satu potensi pasar terbesar dari wilayah tersebut, yaitu pengiriman hasil laut,” kata Sigit.

 

Sumber:

http://industri.bisnis.com/read/20170117/98/620319/bisnis-jasa-kurir-perlu-ekspansi-ke-indonesia-timur

 

 

 

 

 


Back to List

23 Sep 2020

Demi kelancaran, Asosiasi Logistik minta pemerintah tanggap mitigasi potensi banjir

Ridwan Nanda Mulyana, Kontan.co.id, Selasa 22 September 2020

15 Sep 2020

Jasa Pengiriman Makanan Bisa Melonjak saat PSBB di Jakarta

Anitana Widya Puspa, Bisnis.com, Senin 14 September 2020

11 Sep 2020

PSBB DKI Jilid II, Pengusaha Minta Pemerintah Perluas Stimulus untuk Cegah PHK

Francisca Christy Rosana, Tempo.co, Kamis, 10 September 2020

07 Sep 2020

Jika Tol Ditutup buat Dilewati Sepeda, Angkutan Logistik Terganggu?

Vadhia Lidyana, Detik.com, Sabtu 05 September 2020

28 Aug 2020

Pelabuhan Tak Optimal, Pemerintah Cuma Fokus Investasi

Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com, Kamis 27 Agustus 2020

25 Aug 2020

Pemanfaatan Pelabuhan Tak Optimal, Salah Siapa?

Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com, Senin 24 Agustus 2020

20 Aug 2020

Tol Cisumdawu Dinilai Akan Dongkrak Lalu Lintas Barang Industri di Jawa Barat

Yohanes Paskalis, Tempo.co, Rabu, 19 Agustus 2020

18 Aug 2020

ALI: Pemerintah Perlu Fokus Kembangkan Kawasan Industri Produktif

Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com, Senin 17 Agustus 2020

18 Aug 2020

Bisnis Rumahan yang Muncul Akibat Pandemi Kerek Demand Jasa Pengiriman

Jawapos.com, Senin, 17 Agustus 2020

07 Aug 2020

Mendongkrak Konsumsi, Menangkal Ancaman Resesi

Caesar Akbar, Tempo.co, Kamis 6 Agustus 2020

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved