News Detail
Pembenahan Sektor Logistik Penting Bagi Daya Saing

Metrotvnews.com, Selasa 21 Maret 2017

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan, pembenahan sektor logistik nasional sangat penting untuk menekan biaya dan meningkatkan daya saing.

 

"Persoalan logistik membuat barang kita inflasi karena biaya menjadi sangat tinggi," kata Edy mengenai pentingnya pembenahan sektor logistik yang akan hadir melalui penerbitan paket kebijakan ekonomi jilid XV di Jakarta,dikutip dari Antara, Selasa 21 Maret 2017.

 

Edy menjelaskan untuk mengatasi persoalan logistik maka pemerintah sedang menyusun paket kebijakan ekonomi jilid XV, agar konektivitas arus barang menjadi lebih lancar dan tidak mengalami permasalahan biaya tinggi yang tidak efisien.

 

Selain itu, tujuan penerbitan paket ini untuk memberikan kesempatan kepada perusahaan nasional agar lebih berperan dalam sektor logistik serta memperkuat peran Indonesia National Single Window (INSW) dalam pelayanan kepabeanan.

 

Namun, Edy mengakui pemerintah sedang fokus untuk menyiapkan regulasi turunan dari paket tersebut, sehingga paket kebijakan ekonomi jilid XV masih tertunda penerbitannya. Menurut Edy, total sebanyak 17 regulasi turunan sedang disiapkan.

 

"Perpres untuk INSW sudah siap, PMK untuk komponen juga sudah siap. Tapi ada 17 regulasi, karena ini sudah digodok dua tahun. Ini membutuhkan waktu karena saya takut instansi lain lupa dipikiran, dan butuh uji publik berkali-kali," katanya.

 

Ia memastikan apabila seluruh regulasi turunan dan koordinasi dengan antar instansi sudah siap, paket kebijakan ekonomi jilid XV siap diluncurkan dan bisa langsung diimplementasikan agar masalah harga akibat persoalan logistik dapat langsung diatasi.

 

Sejak September 2015, pemerintah telah menurunkan paket kebijakan ekonomi jilid I-XIV sebagai upaya deregulasi maupun debirokratisasi untuk memperbaiki iklim investasi dan daya saing.

 

Namun, pada awalnya beberapa paket kebijakan tersebut belum bisa diimplementasikan di lapangan, karena regulasi turunan belum diterbitkan, sehingga justru menimbulkan kebingungan dari para investor maupun pelaku usaha.

 

Saat ini, sebanyak 99 persen dari peraturan turunan paket kebijakan ekonomi tersebut telah diterbitkan oleh pemerintah, sehingga dampak dari penerbitan paket itu dapat segera dirasakan untuk mendorong kinerja perekonomian nasional.

 

Sumber:

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/dN6dVJRk-pembenahan-sektor-logistik-penting-bagi-daya-saing

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved