Publication Detail
Logistik dan Transportasi

Angga Kusuma

Menurut Dewan Supply Chain Management Professionals (CSCMP), logistik manajemen dapat didefinisikan sebagai, "bagian dari manajemen rantai pasokan bahwa rencana, mengimplementasikan, dan kontrol ke depan, efisien efektif dan arus balik dan penyimpanan barang, jasa dan terkait informasi antara titik asal dan titik konsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan.


Sejarah logistik berakar dalam aplikasi militer. Sejak Perang Dunia II telah berkembang menjadi fungsi penting dari bisnis seperti itu menjadi jelas bahwa logistik dan transportasi menambah nilai tempat dan waktu untuk produk dan meningkatkan bentuk dan nilai kepemilikan ditambahkan oleh manufaktur dan pemasaran.


Konsep logistik sebagai disiplin bisnis mulai muncul dalam literatur yang terkait dengan bisnis pada 1960-an ketika itu disebut distribusi fisik. Pada saat itu fokusnya adalah pada sisi outbound dari sistem logistik. Dengan pentingnya muncul dari Supply Chain Management, logistik dan transportasi telah menjadi bahkan lebih penting sebagai manajer rantai pasokan menyadari bahwa koordinasi dan integrasi sistem logistik dari seluruh organisasi dengan rantai pasokan persyaratan untuk sukses.
Menurut Coyle, Bardi dan Langley ada empat subdivisi logistik:

Bisnis logistik-ini adalah sama dengan definisi dari CSCMP dan pendekatan kita mengadopsi dalam diskusi kami. Logistik militer-semua yang diperlukan untuk mendukung kemampuan operasional pasukan militer dan peralatan mereka untuk memastikan kesiapan, keandalan, dan efisiensi. Acara logistik-manajemen dari semua penjadwalan, yang terlibat (kegiatan, fasilitas, dan personil) dalam mengorganisir, dan menggunakan sumber daya yang diperlukan untuk menjamin terjadinya suatu peristiwa dan penarikan efisien sesudahnya. Layanan logistik-akuisisi, penjadwalan, dan manajemen fasilitas, personil, dan bahan-bahan perlu untuk mendukung dan mempertahankan operasi layanan.

Dalam konteks esai ini kita akan membahas konsep bisnis logistik. Bisnis sistem logistik dapat diklasifikasikan menjadi empat kategori:

Sistem Perusahaan. Diimbangi dengan sistem yang seimbang telah cukup seimbang arus inbound dan outbound.


Berat inbound Perusahaan-perusahaan ini memiliki aliran inbound yang sangat berat, tapi aliran outbound sangat sederhana.. Perusahaan dengan aliran inbound berat biasanya tidak gudang barang mereka selesai, misalnya, produsen pesawat.


Berat outbound Perusahaan-perusahaan ini memiliki aliran keluar kompleks dan aliran inbound sangat sederhana.. Aliran inbound mereka biasanya bahan baku dari jarak yang relatif pendek. Biasanya pengiriman outbound adalah berbagai barang jadi dikemas membutuhkan penyimpanan dan transportasi ke konsumen akhir.


Sebaliknya sistem. Sistem rantai pasokan logistik reverse memiliki arus sebaliknya di sisi outbound dari sistem mereka. Produk tahan lama yang kembali untuk kredit, trade-in, perbaikan, penyelamatan atau pembuangan atau perusahaan digunakan kontainer dikembalikan atau dapat digunakan kembali.

Coyle, Bardi dan Langley daftar sejumlah kegiatan yang terletak dalam bidang logistik:

Pemenuhan order-kegiatan yang terlibat dengan menyelesaikan pesanan pelanggan. Jelas, transportasi dan logistik akan menjadi bagian integral dari menyelesaikan pesanan karena mereka secara langsung pengiriman dampak. Lalu lintas dan transportasi-gerakan fisik barang. Pergudangan dan penyimpanan sejumlah perumahan ware-keputusan secara langsung dampak dan transportasi logistik. Sebagai contoh, berapa banyak gudang yang diperlukan, di mana mereka harus berada, seberapa besar mereka harus, berapa banyak persediaan yang harus diselenggarakan di masing-masing? Tanaman dan situs gudang lokasi-lokasi dapat mengubah hubungan waktu dan tempat antara gudang dan pelanggan. Sering biaya transportasi merupakan faktor utama di pabrik dan lokasi gudang. Bahan penanganan-penempatan barang dan pergerakan barang dalam pabrik gudang, atau fasilitas lainnya. Ini termasuk gerakan masuk barang dan pergerakan barang dari penyimpanan untuk memesan-memilih daerah ke daerah dermaga untuk pengiriman. Kemasan transportasi-industri secara langsung berdampak pada kemasan jenis yang dibutuhkan. Metode cepat transportasi, seperti udara, umumnya memerlukan sedikit di jalan kemasan sementara mode lambat, seperti air atau kereta api, memerlukan pengeluaran kemasan substansial untuk menjamin pengiriman aman. Pembelian-jumlah yang dibeli secara langsung mempengaruhi biaya transportasi. Juga, transportasi berkaitan langsung dengan jarak atau lokasi barang yang dibeli oleh perusahaan. Pembelian dan logistik semakin terintegrasi dalam perusahaan besar banyak. Permintaan peramalan peramalan-akurat dan handal sangat penting untuk tujuan pengendalian persediaan yang efektif, terutama dalam memanfaatkan perusahaan manufaktur ramping dan JIT. Kontrol persediaan ini secara langsung berkaitan dengan transportasi dan pergudangan. Jika transportasi tingkat yang lebih tinggi lambat dari persediaan yang diperlukan, ergo, kapasitas gudang lebih lanjut diperlukan. Perencanaan produksi-produksi perencanaan harus beroperasi dalam koordinasi erat dengan logistik untuk memastikan cakupan pasar yang memadai. Perencanaan produksi dan logistik semakin terintegrasi dalam perusahaan besar. Dan layanan dukungan-efektivitas suku cadang dan dukungan layanan tergantung pada kecepatan transportasi, lokasi gudang, dan peramalan kebutuhan fungsi dukungan. Bagian Jelas, suku cadang dan dukungan layanan memiliki dampak langsung pada tingkat layanan pelanggan. Kembali barang-reverse penanganan rantai pasokan logistik adalah dimensi yang semakin penting tapi sering diabaikan dalam bidang logistik. Salvage dan skrap pembuangan-pembuangan merupakan bagian integral dari rantai pasokan terbalik. Ada meningkatnya minat, dalam literatur logistik, dalam dampak dari lokasi fasilitas evaluasi dan pembuangan untuk barang kembali. Layanan pelanggan tingkat-logistik memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan bahwa pelanggan mendapatkan produk yang tepat di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Transportasi, pergudangan, peramalan, pengendalian persediaan, dan perencanaan produksi semua memiliki dampak langsung pada kepuasan pelanggan.

Dua aspek yang paling jelas dari logistik pergudangan dan transportasi.


PERGUDANGAN DAN PENYIMPANAN.

Pergudangan didefinisikan sebagai penyimpanan barang: bahan baku, barang setengah jadi, atau barang jadi. Ini mencakup spektrum yang luas dari fasilitas dan lokasi yang menyediakan pergudangan. Karena ini adalah titik dalam sistem logistik di mana barang yang diadakan untuk berbagai jumlah waktu, aliran terganggu atau berhenti, sehingga menciptakan biaya tambahan untuk produk.

 
Dalam pengertian makro ekonomi, pergudangan menciptakan utilitas waktu untuk bahan baku, barang industri dan produk jadi. Hal ini juga meningkatkan utilitas barang dengan memperluas ketersediaan waktu mereka untuk calon pelanggan.


TRANSPORTASI.

Transportasi melibatkan gerakan fisik atau arus barang. Sistem transportasi adalah link fisik yang menghubungkan pelanggan, pemasok bahan baku, tanaman, gudang dan anggota saluran. Ini adalah titik tetap dalam rantai pasokan logistik.

Modus dasar transportasi air, kereta api, kapal motor, udara dan pipa. Air menjadi modus paling lambat dengan rel, pembawa motor, dan udara berikut dalam urutan kecepatan pengiriman. Umumnya, urutan terbalik ketika melihat biaya.

Pemilihan pembawa yang tepat memiliki beberapa langkah. Pertama perusahaan memilih mode transportasi. Pengirim harus membandingkan layanan yang diinginkan dengan tingkat atau biaya layanan. Layanan biasanya berarti waktu transit atau waktu yang berlalu dari saat pengirim membuat barang yang tersedia untuk pengiriman sampai carrier memberikan kepada penerima barang. Pickup dan pengiriman, terminal penanganan dan gerakan antara asal dan rekening tujuan untuk waktu yang terlibat dalam pengangkutan barang. 


Perusahaan harus menyeimbangkan "kebutuhan untuk kecepatan" dengan biaya yang melekat dalam modus transportasi. Ini termasuk tarif yang dikenakan untuk layanan, persyaratan berat minimum, fasilitas bongkar muat, kemasan, kemungkinan kerusakan dalam perjalanan, dan jasa-jasa khusus yang mungkin diinginkan atau diperlukan. Jika pengiriman hari berikutnya sangat penting, pengirim akan memanfaatkan pembawa angkutan udara tetapi akan membayar harga premium untuk layanan cepat tersebut. Jika waktu bukan unsur sangat kritis pengirim dapat memilih untuk menggunakan kereta api atau pembawa motor, atau bahkan mungkin memanfaatkan pembawa air jika waktu adalah tidak penting. Berbasis air moda transportasi adalah yang paling mahal dan digunakan untuk produk jenis komoditas seperti gandum, batubara bijih, dan. Beberapa perusahaan bahkan menggunakan lebih dari satu moda transportasi, disebut intermoda transportasi, untuk memindahkan barang-barang mereka. Setelah modus dipilih, pengirim harus memutuskan klasifikasi hukum atau jenis pembawa mereka ingin memanfaatkan: umum, diatur, kontrak, dibebaskan atau swasta. Operator umum melayani masyarakat umum dengan harga yang wajar dan tanpa diskriminasi. Mereka tidak bisa menolak untuk membawa komoditas tertentu atau menolak untuk melayani titik tertentu dengan lingkup operasi carrier. Angkutan umum bertanggung jawab atas semua barang hilang, rusak, atau tertunda kecuali disebabkan oleh tindakan Tuhan, tindakan musuh publik, tindakan otoritas publik, suatu tindakan pengirim, atau beberapa cacat dalam barang itu sendiri. Pembawa diatur wajib memberikan pelayanan yang aman dan memadai dan fasilitas atas permintaan yang wajar dan bertanggung jawab atas kerusakan sampai batas yang ditetapkan oleh operator. Pembawa dapat diatur operator atau operator motorik air dan tunduk pada kontrol federal yang minimal.


Sebuah operator kontrak tidak melayani masyarakat umum, tetapi lebih melayani satu atau sejumlah terbatas pelanggan dikontrak. Mereka tidak memiliki kewajiban pelayanan hukum. Mereka sering memberikan layanan khusus dan biasanya memiliki tingkat lebih rendah dari angkutan umum atau diatur.


Bebaskan pembawa dibebaskan dari ketentuan mengenai tarif dan layanan. Status bebas berasal dari jenis komoditas menyeret atau sifat operasi pengangkut. Pembawa bermotor Bebaskan biasanya lokal dan biasanya transportasi barang-barang seperti barang-barang pertanian, surat kabar, ternak, dan ikan. Operator transportasi air dibebaskan massal komoditas seperti batubara, bijih, gandum, dan cair. Operator transportasi rel Bebaskan piggy-back pengiriman dan operator kargo udara angkut dibebaskan.


Sebuah perusahaan transportasi sendiri adalah disebut pembawa pribadi. Operator swasta tidak "untuk-menyewa" dan tidak tunduk pada peraturan federal sama dengan jenis transportasi lainnya. Namun, bisnis utama pengangkut harus sesuatu selain transportasi.


Setelah modus dan jenis dari carrier ditentukan keputusan akhir dapat dibuat berdasarkan faktor-faktor lain. Aksesibilitas merupakan salah satu faktor tersebut. Beberapa perusahaan memiliki batas geografis untuk jaringan mereka routing. Lainnya mungkin tidak memiliki akses fisik ke fasilitas yang diperlukan atau memiliki kemampuan untuk menyediakan peralatan dan fasilitas yang pergerakan komoditi tertentu mungkin memerlukan. Keandalan, konsistensi waktu transit carrier menyediakan, juga merupakan faktor kunci. Akhirnya, kenyamanan dan komunikasi pertimbangan penting lainnya ketika memilih carrier.


Tindakan bahwa perusahaan transportasi akan digunakan untuk menilai kinerja meliputi: pesanan dikirim tepat waktu, pesanan dikirim lengkap, rangka persiapan waktu, ketersediaan produk, dan waktu transit. Dari kinerja perspektif pelanggan dapat diukur dari pesanan yang diterima pada waktunya, pesanan yang diterima lengkap, pesanan yang diterima kerusakan bebas, pesanan diisi secara akurat, dan perintah ditagih akurat.

 

GLOBAL LOGISTICS

Perluasan pasar global menempatkan konsep logistik global menjadi pusat perhatian. Ahli logistik sekarang harus mengelola semua kegiatan logistik tersebut dalam arena di seluruh dunia yang mencakup banyak negara, bahasa, budaya, pemerintah, dan peraturan. Seiring dengan perluasan pasar datang kebutuhan untuk perantara saluran global. Manajer logistik global saat ini akan akrab dengan peran masing-masing sebagai berikut:

Asing angkutan forwarder-penangan dari segudang layanan angkutan asing: kutipan tingkat, pembuluh layanan terjemahan pemborongan, pemesanan ruang kapal, penanganan dokumentasi dan asuransi kargo, pelacakan dan mempercepat, mengatur dan menyediakan transportasi darat. Ekspor manajemen perusahaan-pemasok keahlian untuk mereka yang ingin menjual produk luar negeri tetapi tidak memiliki sumber daya yang diperlukan. Perusahaan perdagangan ekspor-locaters pembeli luar negeri. Mereka juga menangani dokumentasi ekspor, transportasi dan pertemuan persyaratan pemerintah asing. Bea Cukai broker rumah-pengawas pergerakan barang melalui bea cukai. Mereka juga memastikan bahwa dokumen yang menyertai yang lengkap dan akurat. Kapal broker-perwakilan penjualan untuk pemilik kapal dan wakil pembelian untuk pengirim. Kapal agen-lokal perwakilan dari operator kapal yang menangani kedatangan kapal, berlabuh, clearance, bongkar muat. Ekspor packers-pemasok jasa kemasan ekspor. Otoritas pelabuhan-pemilik dan operator pelabuhan. Mereka menyediakan dermaga, dermaga, dan fasilitas terminal lainnya di lokasi pelabuhan.

http://mutugab2011.blogspot.com/2011/09/logistik-dan-transportasi.html


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved