Publication Detail
Perbaikan Gudang : "Setiap Orang Mampu Mencari Barang dalam waktu 3 menit

Drs.Psi. Reksa Boeana

Kecepatan mencari barang dan menemukan barang yang dicari dengan tepat menjadi target dari pengelola gudang. Tanpa melalui desain sistem penataan dan perbaikan cara kerja di gudang, target ini mungkin saja bisa dicapai. Personil gudang yang menempatkan barang tentunya dapat mencari barang yang disimpan di gudang dalam waktu yang singkat. Penataan barang berdasarkan pengelompokan barang juga menunjang kecepatan petugas dalam mencari barang. Tetapi menjamin bahwa setiap orang mampu mencari barang dalam waktu kurang dari 3 menit, membuktikan bahwa sistem kerja di gudang telah ditata dengan baik.

 

            Dalam upaya untuk mewujudkan sistem penataan yang baik maka diperlukan tempat untuk setiap barang. Sehingga penempatan barang tersebut berada pada posisi penempatannya. Memastikan barang berada pada tempatnya memudahkan bagi petugas untuk mencari barang. Pengelompokan jenis barang, mempercepat petugas untuk melakukan identifikasi posisi penempatan barang. Penamaan lokasi dan memelihara catatan alamat penempatan barang, mampu menjamin setiap orang dapat mencari barang yang di butuhkan. Kedisiplinan untuk memelihara dan mempertahankan sistem penataan barang menjadi penjamin dan memudahkan setiap orang dalam mencari barang yang dibutuhkan.

 

            Tentunya mengatur barang dengan menyediakan tempat bagi setiap barang menjadi tujuan dalam sistem penataan yang baik. Ciptakan tempat untuk setiap barang, maka kita mampu menempatkan barang pada tempatnya. Suatu prinsip dalam manajemen lingkungan, housekeeping manajemen, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Namun bila barang yang disimpan di gudang terus bertambah atau berganti item barang karena ada barang yang tidak dipesan lagi (discontinued), maka dibutuhkan pemahaman tentang prinsip-prinsip penataan barang (baca artikel "menata barang di lokasi yang sempit'). Jumlah item barang tertentu secara bergantian bertambah jumlahnya. Disinilah diperlukan pemahaman manajemen penataan barang.

 

            Mencari barang dalam waktu 3 menit dengan jumlah item barang di bawah 10.000 item masih dimungkinkan bilamana lokasi penempatan barang dapat dipastikan. Namun mengelola barang diatas 12.000 sampai dengan 22.000 item, dibutuhkan pemahaman yang baik. Setiap petugas gudang perlu memahami tentang prinsip-prinsip dalam manajemen penataan barang. Pelatihan intensif dibutuhkan terutama bila variasi item barang banyak dan berubah-ubah. Audit ketertiban dibutuhkan untuk membentuk kebiasan disiplin dalam melakukan penataan barang. Feedback atas penataan yang tidak mematuhi prinsip mampu menjadikan pekerja belajar dengan tepat atas kesalahan-kesalahan dalam menata barang. Melalui program pembentukan ini maka setiap orang mampu mencari barang dalam waktu kurang dari 3 menit.

 

Berbagi tuk bermanfaat, salam sukses selalu

 

 

http://www.konsultanwarehouse.com/2012/09/perbaikan-gudang-setiap-orang-mampu.html


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved