Publication Detail
[ALI] [Majalah Resmi ALI] Supply Chain and Logistics Review, Edisi ke IX Oktober 2016

ALI Secretariat

Yth, Rekan-Rekan ALI,

 

LAGI-LAGI dwelling time menjadi topik hangat di Tanah Air. Sudah sejak 2 tahun lalu persoalan lamanya waktu tunggu bongkar muat di pelabuhan ini menjadi perhatian pemerintah. Dan, sampai kini pun belum kelar karena dwelling time di pelabuhan masih di atas 3 hari kendati sudah berkurang dari sebelumnya di atas 6 hari.

 

Tahun lalu, bahkan ada penggeledahan ruang kerja salah satu petinggi Kementerian Perdagangan karena diduga melakukan “tindak pidana” soal dwelling time. Lalu ‘drama’ berlanjut dengan penggeledahan ruangan salah satu petinggi BUMN pelabuhan di Tanjung Priok. Kemudian baru-baru ini, Presiden Jokowi kembali menyoroti lambannya penurunan.dwelling time ini. 

 

Dwelling time menjadi penting, apalagi pemerintah punya program prioritas Tol Laut yang perlu mendapat dukungan dalam hal efisiensi. Jika dwelling time masih tinggi, program Tol Laut tak akan maksimal menggenjot perekonomian. Sebetulnya persoalannya ada di mana? Substansi dwelling time sebetulnya mengefisienkan proses pengurusan dokumen yang masih memakan waktu lama, bukan lamanya proses bongkar-muat saja. Itu sebabnya sinergi antar-institusi penting dimaksimalkan.

 

Mengacu pada persoalan ini, majalah Supply Chain & Logistics Review menurunkan laporan utama soal Tol Laut dan upaya penurunan dwelling time. Harapannya, reportase ini bisa menyajikan perspektif lain soal dwelling time. Publik selalu berharap segala persoalan yang menjadi ‘duri’ pertumbuhan ekonomi bisa dicabut sehingga pada akhirnya industry kita memiliki daya saing tinggi, termasuk juga industri logistik dan supply chain. Semoga.

 

Selengkapnya, rekan-rekan silahkan download secara gratis, Majalah Resmi ALI Edisi IX Bulan Oktober 2016, dengan terlebih dahulu mengisi form yang telah kami sediakan pada link :

 

https://goo.gl/Rcp9L7

 

Untuk peliputan dan iklan dapat menghubungi alamat redaksi dan marketing. Kami juga menerima artikel rekan-rekan seputar dunia Supply Chain dan Logistics untuk dipublikasikan di majalah.

 

Atas perhatian dari rekan-rekan ALI kami ucapkan terima kasih.

 

--

 

Salam Hormat,

 

 

Aang Wiguna

 

Asosiasi Logistik Indonesia

Gedung 1 Lt. 7 Kementerian Perdagangan RI

Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat 10110

Ph./Fax. 021 - 386 3936

Hp. 0857 2222 2996

      0818 626 872

Email. aangwiguna.ali@gmail.com

Website. www.ali.web.id


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved