Publication Detail
[Majalah Resmi ALI] Supply Chain and Logistics Review, Edisi ke X November 2016

ALI Secretariat

Yth, Rekan-Rekan ALI,

 

BUMN Logistik, Sinergi atau untuk Menghabisi?. Selain untuk mendulang laba, Badan Usaha Milik Negara atau BUMN memiliki beberapa maksud dan tujuan didirikan. Diurai dari Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN, salah satu fungsi entitas bisnis ini adalah sebagai pelopor dalam sektor-sektor usaha yang belum diminati swasta, pelaksana pelayanan publik, pembuka lapangan kerja, penghasil devisa negara, dan banyak tujuan yang lebih bernuansa sosial lainnya.

Sayangnya, dari banyak tujuan yang disematkan, keberhasilan BUMN masih terfokus untuk mengejar keuntungan semata. Sayangnya lagi, itupun masih banyak yang gagal, seperti tahun 2014 dimana ada 30 perusahaan merugi, meski turun menjadi 17 tahun lalu. Tentunya ini patut disayangkan mengingat kerap kali banyak privileges yang disematkan kepada mereka.

Hal yang patut lebih disesalkan bukan pada pendirian BUMN, namun lebih kepada bagaimana regulator kerapkali lebih berpihak kepada anak sendiri. Ini misalnya, dikeluhkan oleh Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) dimana aroma monopoli membuat iklim usaha tidak kondusif.

Alih-alih mendorong perekonomian nasional, monopoli BUMN dengan misalnya penunjukkan langsung ke anak-anak usaha, membuat tujuan besar pendirian BUMN salah arah. Seyogyanya, pemerintah dan wasit persaingan usaha mulai melihat persoalan ini sebagai masalah yang serius. Bila tidak, maka keberadaan mereka di bidang logistik justru akan ‘membunuh’ usaha para pemain logistik. Bila ini terjadi, maka tujuan besar BUMN sebagai salah satu motor penggerak perekonomian nasional justru akan merusak mesin yang lebih besar dan utama yaitu swasta.

Selengkapnya, rekan-rekan silahkan download secara gratis, Majalah Resmi ALI Edisi X Bulan November 2016, dengan terlebih dahulu mengisi form yang telah kami sediakan pada link :

 

https://goo.gl/iX1NNB

 

Untuk peliputan dan iklan dapat menghubungi alamat redaksi dan marketing. Kami juga menerima artikel rekan-rekan seputar dunia Supply Chain dan Logistics untuk dipublikasikan di majalah.

 Atas perhatian dari rekan-rekan ALI kami ucapkan terima kasih.

  --

Salam Hormat,     Aang Wiguna   Asosiasi Logistik Indonesia Gedung 1 Lt. 7 Kementerian Perdagangan RI Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat 10110 Ph./Fax. 021 - 386 3936 Hp. 0857 2222 2996       0818 626 872 Email. aangwiguna.ali@gmail.co m Website. www.ali.web.id  


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved