News Detail
Cara Pemerintah Jokowi Tekan Harga di Timur RI: Tol Laut dan Tol Udara

Fadhly Fauzi Rachman, Detik.com, Kamis 4 Mei 2017

Jakarta - Pemerintah pimpinan Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan sejumlah cara untuk membuat sejumlah harga komoditas turun di wilayah Indonesia Timur. Antara lain dengan membangun tol laut hingga tol udara.

 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pembangunan tol laut tidak hanya menghubungkan pelabuhan utama dan pelabuhan penunjang. Namun juga untuk menekan harga komoditas, seperti sembako menjadi lebih murah.

 

"Secara khusus, tol laut merupakan upaya untuk menyediakan jaringan angkutan laut dengan pola subsidi dan peningkatan fasilitas pelabuhan. Sehingga biaya dan harga murah, kapal banyak datang dan pembangunan terjadi," kata Budi Karya, di Rakornas Maritim, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

 

Budi menjelaskan, saat ini pemerintah telah melelang tujuh rute tol laut pada swasta. Pada program tol laut itu, sentra logistik Rumah Kita juga dibangun untuk dapat menampung berbagai pasokan logistik, supaya masyarakat bisa mengaksesnya dengan harga yang sesuai.

 

Jadi, berbagai pasokan logistik nantinya ditampung di sentra Rumah Kita dan dikoordinasikan di sana, untuk dikirim ke wilayah yang membutuhkan.

 

"Rumah kita itu rumah logistik yang menampung barang, agar masyarakat bisa mengakses harga yang baik. Ini juga berfungsi untuk mengumpulkan barang ke daerah," terangnya.

 

Sementara untuk tol udara, Budi Karya mengatakan, tahun ini pihaknya akan membangun di dua lokasi, yakni di Kalimantan Utara dan Papua. Pembangunan tol udara juga bertujuan untuk menekan disparitas harga yang tinggi, terutama di wilayah Indonesia yang jauh dari laut.

 

"Khusus di Papua dan Kaltara, barang-barang tol laut hanya terbatas di titik-titik kota pelabuhan saja. Oleh karena itu kami sudah lakukan upaya tol udara dari beberapa titik," katanya.

 

Budi Karya berharap agar implementasi dari dua program tersebut bisa efektif untuk menurunkan harga komoditas di wilayah Indonesia Timur. Dengan sinergi tol laut dan udara, disparitas harga antara wilayah barat dan timur dapat ditekan sehingga terjadi pemerataan ekonomi.

 

"Harapannya juga agar format ini bisa dikembangkan dengan kapasitas dan efektivitas yang lebih tinggi. Tol udara telah menjadi wacana yang disampaikan pemerintah untuk meringankan distribusi muatan barang yang tidak terjangkau lewat laut akibat jarak yang jauh," tukasnya. (wdl/wdl)

 

Sumber:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3491834/cara-pemerintah-jokowi-tekan-harga-di-timur-ri-tol-laut-dan-tol-udara?_ga=2.154482033.819141253.1493886349-443122245.1485140556

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved