News Detail
Pembatasan Truk Dimatangkan Pekan Ini

Yudi Supriyanto, Bisnis Indonesia, Senin 8 Mei 2017

JAKARTA – Kementerian Perhubungan akan mematangkan regulasi pembatasan operasional truk selama angkutan Lebaran 2017 pada pekan ini.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto menyatakan, pihaknya akan bertemu dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri guna membahas kepastian angkutan barang truk selama Lebaran 2017.

 

“Masih dibahas karena Selasa kami mau rapat dengan Korlantas untuk kepastian hari H kapan dilarang dan diperbolehkan lagi,” katanya di Jakarta, Jumat (5/5).

 

Dia memperkirakan lama waktu pembatasan operasional truk selama Lebaran tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan kebijakan pada Lebaran 2016.

 

Pudji menilai, piahknya masih memerlukan waktu guna mengetahui perkembangan situasi di lapangan sebelum menentukan lama waktu pembatasan operasional truk.

 

Dia menambahkan, situasi di lapangan pada masa Lebaran 2017 berbeda dengan situasi dan kondisi di lapangan pada periode yang sama tahun lalu.

 

“Nah itu yang mau dibahaa [situasi di lapangan] di Korlantas. Insya Allah Selasa, pas bertepatan dengan operasi patuh,” imbuhnya.

 

Dia mengungkapkan para pelaku usaha memang meminta sosialisasi pembatasan operasional angkutan barang berbasis jalan raya dilakukan lebih awal.

 

Dengan strategi itu, paparnya, para pelaku usaha bisa mengatur waktu pengiriman barang sebelum Lebaran. “Dari mereka [pengusaha] itu yang penting sosialisasi lebih awal, itu saja,” kata Pudji.

 

GANJIL-GENAP

Selain pembatasan operasional angkutan barang truk, dia menuturkan pihaknya juga akan membahas rencana penerapan sistem ganjil-genap bagi pengendara mobil pribadi selama Lebaran.

 

Selama ini, masyarakat masih berbeda pendapat terkait dengan penerapan sistem ganjil-genap terhadap kendaraan pribadi selama masa angkutan Lebaran. Namun, dia menilai jumlah masyarakat yang tidak setuju terhadap penerapan aturan itu lebih banyak ketimbang yang setuju. “Ya nanti keputusannya akan kami rapat [kan] Selasa nanti,” katanya.

 

Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Daray Kemenhub Pandu Yunianto menuturkan, konsep pembatasan angkutan truk pada Lebaran tahun ini belum mengalami perubahan. Namun, dia menilai keputusan pembatasan tersebut masih menunggu Kepolisian dan Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR),

 

Sebelumnya, Pandu mengungkapkan, pemerintah memiliki konsep pembatasan angkutan barang truk angkutan barang galian atau tambang pada H-7 sampai dengan H+7 Lebaran.

 

Sementara itu, truk dengan jumlah berat yang diizinkan (JBI) 14 ton lebih dan truk dengan 3 sumbu atau lebih, ungkapnya, berencana dibatasi pada H-4 sampai H+3.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved