News Detail
Indonesia Miliki Pusat Logistik Berikat, Menko Darmin: Peminat dari Investor Luar Biasa!

Dedy Afrianto, Okezone.com, Minggu 18 Juni 2017

JAKARTA - Pemerintah telah beberapa kali mengeluarkan paket kebijakan ekonomi di bidang logistik. Salah satunya adalah paket kebijakan tentang Pusat Logistik Berikat (PLB).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengatakan, investor sangat tertarik dengan adanya PLB ini. Bahkan, hingga saat ini minat investor masih terbilang tinggi dengan adanya PLB ini.

  

“Itu peminatnya luar biasa banyaknya dan kemarin pun saya masih menerima calon investor dari negara-negara lain,” kata Darmin mengutip informasi dari laman Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Hanya saja, biaya logistik di Indonesia masih terhitung kurang efisien jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Angkanya berada pada kisaran 24% dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

 

“Negara-negara lain berada jauh di bawah kita. Oleh karena itu, kita kali ini menyiapkan lagi paket-paket deregulasi di bidang logistik,” ungkap Darmin.

 

Untuk itu, pemerintah telah menerbitkan Paket Kebijakan Ekonomi jilid XV. Paket kebijakan ini ditujukan untuk dua hal. Pertama, memperbaiki efisiensi dan daya saing. Kedua adalah membuka ruang untuk berusaha baik di bidang jasa logistik langsung maupun di bidang pendukung dalam jasa logistik.

 

“Pendukung jasa logistik itu tentu saja angkutan itu sendiri. Bahkan juga asuransi yang sifatnya marine atau ocean insurance,” ujarnya.

Darmin pun menegaskan bahwa penyusunan Paket Kebijakan Ekonomi XV telah melalui beberapa proses termasuk duduk bersama antara pemerintah dengan asosiasi bidang logistik.

 

“Kita sudah bicara dengan mereka. Kita sudah dengarkan mereka. Sehingga aneh kalau nanti itu terjadi tumpang tindih misalnya. Saya tidak percaya, karena biasanya para pengusaha itu tahu betul mengenai regulasi,” tutupnya. (ded)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2017/06/18/20/1719015/indonesia-miliki-pusat-logistik-berikat-menko-darmin-peminat-dari-investor-luar-biasa


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved