News Detail
Jepang Siap Bantu Indonesia Kembangkan Sektor Logistik

Yusran Yunus, Bisnis.com, Kamis 6 Juli 2017

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mendapat banyak manfaat dari hasil pertemuan ke-15 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang berlangsung di Kyoto, Jepang pada 3-5 Juli 2017.

 

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan, Cris Kuntadi, yang sekaligus sebagai STOM Leader Indonesia, mengemukakan ada banyak hal yang didapat Indonesia yang berpotensi menguntungkan ke depannya, misalnya rencana pemerintah Jepang yang akan membantu ASEAN khususnya Indonesia dalam pengembangan sektor logistik.

 

Terkait pengembangan transportasi ramah lingkungan (sustainable transport) Cris menyebut pemerintah Jepang akan menyusun Best Approaches Book for User Friendly Environment, untuk kemudian dilanjutkan dengan survei dan kunjungan tim Jepang ke beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia.

 

Dukungan lainnya dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia diantaranya rencana pengambangan kota mandiri Indonesia dengan menjadikan BSD sebagai kota percontohan dan pembangunan warehouse untuk menampung barang-barang tidak tahan lama antara lain ikan, buah, sayuran.

 

Pada kesempatan mengunjungi beberapa fasilitas infrastruktur di Prefektur Kyoto, delegasi Indonesia mendapat penjelasan terkait fasilitas infrastruktur transportasi di Kyoto yang sudah sangat memadai dan dapat menjadi contoh pengembangan transportasi di Indonesia.

 

“Satu hal yang patut dicontoh dari Kyoto adalah pembangunan yang dilakukan di kota tersebut dilakukan secara terpadu antara industri, pariwisata, infrastruktur, dan transportasi untuk menunjang pengembangan perekonomian dan perdagangan,” ungkapnya, dikutip dari laman dephub.go.id, Kamis (6/7/2017).

 

Dalam hal pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, Jepang berjanji akan secara rutin menyelenggarakan pelatihan baik di Jepang maupun di negara ASEAN dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Jepang.

 

Sumber : http://industri.bisnis.com/read/20170706/98/669153/jepang-siap-bantu-indonesia-kembangkan-sektor-logistik

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved