News Detail
APBN Dihemat 800 Miliar

Ringkang Gumiwang, Bisnis Indonesia, Kamis 7 September 2017

JAKARTA – Kementerian Perhubungan memperkirakan belaja APBN yang bisa dihemat dari rencana pengelolaan pelabuhan dan bandara yang ada di Indonesia oleh BUMN/BUMD dan swasta mencapai sekitar Rp. 800 miliar.

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini Kemenhub terus berupaya menghemat belanja APBN agar dapat membiayai pengembangan pelabuhan dan bandara di daerah terluar dan terpinggirkan.

 

Upaya yang dilakukan Kemenhub tersebut di antaranya dengan mengusulkan sebanyak 20 pelabuhan dan 10 bandara yang ada di Indonesia untuk dapat Kerja Sama Pemerintah dan Swasta (KPS).

 

“Dengan kerja sama tersebut, mungkin kami bisa membangun 40 pelabuhan dan 20 bandara lainnya, di mana bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada di daerah terluar dan pinggiran,” katanya, Rabu (6/9).

 

Dari 20 pelabuhan dan 10 bandara yang diusulkan untuk dikerjasamakan  tersebut, lanjutnya,  baru BUMN/BUMD yang berminat, sedangkan pihak swasta justru masih belum berminat.

 

Oleh karena itu, Kemenhub terus mendorong pihak swasta untuk mengelola pelabuhan dan bandara yang ada di Indonesia, melalui skema kerja sama pemanfaatan dan ketja sama operasional. “Bapak Presiden selalu ingin membuat APBN kita itu lebih efektif. Dengan dukungan swasta, pekerjaan-pekerjaan kita akan memberikan dampak yang signifikan,” tuturnya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Carmelita Hartoto mendukung langkah Kemenhub mengikutsertakan swasta dalam pengembangan pelabuhan dan bandara. “Keterlibatan swasta nasional dalam program pemerintah akan memberikan dampak yang positif terhadap efisiensi dan efektivitas guna mencapai sasaran program pembangunan masa depan,” katanya.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved