News Detail
Tak Lewat Singapura, Biaya Logistik

Medanbisnisdaily.com, Jumat, 22 September 2017

MedanBisnis - Jakarta. Pembangunan Pelabuhan New Priok (Priok Baru) di daerah Kalibaru terbukti ampuh menurunkan biaya logistik pengiriman barang ke luar negeri. Pasalnya dengan rampungnya pembangunan new priok container terminal fase 1, kini kapal-kapal berukuran 'raksasa' bisa langsung bersandar di Priok dan tak perlu lagi mampir ke Singapura.

 

Senior Vice President Operation Pelindo II, David Pandapotan Sitorus mengatakan, Pelindo II kini telah melayani servis baru yang diberi nama Java South East Asia Express Services/Java SEA Express Services yang melayani rute Tanjung Priok ke West Coast (LA dan Oakland), Amerika Serikat dengan sistem weekly call atau sandar minggu secara rutin.

 

"Tadinya butuh waktu 33 hari karena harus mampir dulu ke Singapura dan Malaysia. Ada biaya tambahan untuk biaya bongkar muatnya. Biayanya kalau sudah mampir ke Singapura bisa kena US$ 150 per kontainer. Tapi dengan adanya layanan Jakarta-AS, biaya dipangkas dan waktu pengiriman lebih cepat sampai dalam waktu 23 hari," katanya saat ditemui dalam gelaran IBD expo di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

 

Perbaikan infrastruktur dan digitalisasi proses di pelabuhan juga berhasil menekan biaya logistik pengiriman di dalam negeri. David menuturkan, untuk ke Pontianak contohnya, biaya pengiriman 20 feet container pada tahun 2012 mencapai Rp 6,5-7,5 juta. Kini berhasil diturunkan menjadi Rp 2,5 juta saja.

 

"Setelah kita transformasi, baik infrastruktur sampai digitalisasi, itu bisa turunkan biaya. Dari Rp 6,5 sampai 7,5 juta, biaya dari Jakarta ke Pontianak jadi Rp 2,5 juta. Karena dia bisa irit, dari pelayanan kapal yang lebih cepat dan baik sehingga menurunkan ongkos," tukasnya.

 

Kapasitas priok sendiri saat ini sekitar 8,5 juta TEUs. Pelabuhan New Priok jika dikembangkan sesuai rencana, akan mencapai total area hingga 411 hektare pada 2019 mendatang.

 

Saat ini sedang dibangun 3 juta TEUs pada proyek New Tanjung Priok Container Terminal (NPCT tahap 2 dan 3). Secara total Priok akan berkapasitas 11,5 juta TEUs jika proyek NPCT 2 dan 3 selesai 2019. (dtf)

 

Sumber:

http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2017/09/22/6294/tak_lewat_singapura_biaya_logistik/

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved