News Detail
Dua Rute Baru Bakal Meluncur Pada 2018

Rivki Maulana, Bisnis Indonesia, Rabu, 18 Oktober 2017

JAKARTA – Kementerian Perhubungan bakal menambahkan dua rute baru angkutan Tol Laut pada 2018. Anggaran untuk program Tol Laut pun bakal dinaikkan 33% menjadi Rp. 447 miliar.

 

Inspektur Jnederal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo mengatakan hingga tahun berjalan Kemenhub telah membuka 13 rute Tol Laut. Adapun, tiga rute perdana dibuka sejak November 2015.

 

Dia mengatakan dua rute baru yang akan dibuka bakal menyasar kawasan timur Indonesia. Saat ini, sebelas trayek Tol Laut melayani Indonesia timur dengan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu terpaut jauh dari kawasan barat Indonesia.

 

Dia menambahkan Kemenhub belum menetapkan daerah mana yang bakal menjadi destinasi angkutan Tol Laut pada 2018.

 

“Kami lihat sesuai dengan perkembangan. Kami juga meminta masukan dari peserta Rakornas,” ujarnya, selepas membuka (Rapat Koordinasi Nasional) Rakornas Tol Laut Tahun 2017 di Jakarta, Selasa (17/10).

 

Program Tol Laut merupakan salah satu program strategis untuk menekan disparitas harga. Tol Laut adalah kapal yang berlayar secara rutin. Melalui kapal yang dioperasikan BUMN dan operator swasta yang memenangkan lelalng, pemerintah menyelenggarakan angkutan taut terjadwal dengan biaya terjangkau. Tol Laut diharapkan menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

 

Saat ini, PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menjadi operator Tol Laut untuk tujuh trayek. Khusus tujuh trayek lainnya dilayani oleh perusahaan swasta yang memenangkan lelang.

 

Wahju mengatakan tahun depan rute baru yang akan dibuka bakal dilelang untuk pelayaran swasta.

 

Sejak program Tol Laut bergulir, dia menegaskan sejumlah komoditas pangan dan bahan bangunan mulai mengalami penurunan harga, berkisar 20% - 30%. Namun, dia menyatakan Tol Laut masih menyisakan pekerjaan rumah, yakni muatan balik yang minim dari daerah.

 

“Untuk itu, ke depan pemerintah terus mendoorng optimalisasi muatan balik dari daerah melalui sinergi dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, BUMN dan masyarakat setempat,” tegasnya.

 

Plt. Dirjen Perhubungan Laut Bay M. Hasani menambahkan Kemenhub juga berencana melakukan pengalihan rute atau re-route pada trayek Tol Laut yang sudah berjalan.

 

Bahkan, Kemenhub tidak menutup kemungkinan rute Tol Laut yang telah sarat muatan bakal dilepas ke swasta.

 

Berdasarkan evaluasi, trayek T5 dan T6 bakal diubah. Bay mengatakan pasa trayek T5 yang menghubungkan Surabaya dengan Tahuna dan Lirung, kapal bakal berlabuh di Makassar untuk mengangkut muatan. Sementara itu, pada trayek T6 yang menghubungkan Tanjung Priok dengan Natuna, kapal bakal berlabuh di Tanjung Pandan, Pulau Belitung agar bisa membawa lebih banyak muatan.

 

Pada tahun depan, Bay menuturkan pelaksanaan layanan Tol Laut bakal diarahkan dalam dimensi yang lebih luas, yakni door-port to port-door.

 

Selam ini, Tol Laut hanya melayani pengangkutan dari pelabuhan ke pelabuhan atau port to port. “Setelah barang sampai, port to port setelah itu tanggung jawab siapa. Jadi harusnya pemda juga care agar ada pengawalan terhadap [stabilitas] harga,” jelasnya.

 

Menurutnya, angkutan Tol Laut belum sepenuhnya menjamin penurunan harga pada tingkat konsumen. Oleh karena itu, Kemenhub juga mendorong optimalisasi 19 setra logistik Rumah Kita yang dioperasikan oleh BUMN.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved