News Detail
Sembada Pratama

Didiet Hidayat, Executive Board ALI

SEMBADA PRATAMA - THE 1ST SCHOOL OF SUPPLY CHAIN & LOGISTICS IN INDONESIA


Untuk menjawab tantangan masa depan bagi perekonomian Indonesia dalam hal kompetensi dan profesionalisme di bidang jasa Logistik dan Supply Chain maka Sembada Pratama - The 1st School of Supply Chain and Logistics in Indonesia supported by Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) - telah mengadakan Kuliah Perdana untuk Batch I Program Certified Logistics and Supply Chain Professional (CLSP) pada hari Sabtu, 12 Maret 2011 yang lalu di Kampus Sembada, Wisma Subud, Jalan RS. Fatmawati 52, Jakarta Selatan dengan pembicara Bapak Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia yang membawakan topik presentasi berupa perkembangan industri jasa Logistics dan Supply Chain di dunia dan Indonesia.

Bapak Zaldi Ilham Masita, ST, MBA selaku Chairman Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menyambut gembira dengan dibukanya sekolah Sembada Pratama ini yang diharapkan dapat menjembatani permintaan supply dan demand yang terjadi dalam industri jasa Logistics dan Supply Chain di Indonesia. Serta diharapkan agar meningkatnya competitiveness advantage dalam bidang human resources di Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya selaku Pimpinan Sembada Pratama, Bpk Ir. Hoetomo Lembito, MBA juga menjelaskan kepentingan industri jasa Logistik dan Supply Chain bagi Indonesia untuk menyongsong era globalisasi dan keunikan Sembada Pratama selaku sekolah Supply Chain dan Logistics yang mempunyai para pengajar berlatar belakang praktisi sehingga dapat memberikan pengajaran dan knowledge sharing berdasarkan pola ajar learn, do and teach dan bukan hanya learn dan teach saja.


Sembada Pratama menyelenggarakan pendidikan vokasi profesional atau pendidikan luar sekolah berupa pendidikan Certified Supply Chain and Logistics Professional (CSLP) yang akan diendorse oleh Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) bagi para professional dengan ketentuan telah mempunyai pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dalam bidang apa saja dengan tingkat pendidikan minimal D3 pada setiap hari Sabtu, dari pukul 09.00 pagi s/d 16.30 sore dengan diselingi istirahat, makan siang dan coffe break sebanyak 2 kali. Semua lulusannya berhak menyandang gelar vokasi CSLP dibelakang namanya jika telah memenuhi kualifikasi yang disyaratkan oleh Sembada Pratama.


Metode pengajaran intensif dilakukan dalam kurun waktu 32 minggu terdiri dari materi kelas, mid test, site visit, project presentation dan final examination sehingga diharapkan dapat menelurkan Ahli Logistik yang berkualitas dan mempunyai kompetensi yang tinggi. Pembicaraan lebih lanjut juga akan dilakukan dengan sebuah institusi pendidikan formal untuk melihat kemungkinan apakah Sembada Pratama dapat berlaku sebagai kelas jauh mereka.


Kuliah Modul I dengan judul Introduction to Logistics pun telah dilakukan pada hari yang sama setelah waktu makan siang dengan dibawakan oleh Bapak Ir. Hoetomo Lembito, MBA yang memaparkan dasar-dasar manajemen Logistik bagi para peserta sertifikasi ini sebagai pondasi pijakan bagi modul-modul selanjutnya. 


Bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam industri jasa Logistics dan Supply Chain di Indonesia dapat bergabung dengan Sembada Pratama - The 1st School of Supply Chain and Logistics in Indonesia - "Where you hands learn-on" dapat menghubungi Ibu Lina Virnalasari selaku Marketing di nomor HP: (0818) 802279 atau e-mail: lina@sembadapratama.com untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai program ini.


Kiranya kehadiran Sembada Pratama di Indonesia dapat memberikan jawaban bagi banyak pertanyaan akan national competitiveness di dalam sumber daya manusia khususnya di bidang Logistics dan Supply Chain. Semoga.

Salam Logistik & Supply Chain,

Didiet Hidayat


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved