Yuni Riadi, Selular.id, Rabu 24 Januari 2018
Jakarta,Selular.ID- Internet Retailing Expo (IRX) Indonesia 2018 kembali digelar untuk ketiga kalinya sebagai ajang titik temu bagi para penjual, peritel multi-kanal dan peritel online dengan para penyedia utama dan saling belajar.
“IRX diadakan karena potensi yang sangat besar dari pasar ritel internet yang telah berkembang signifikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir,” kata Tjahya Widayanti, Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri di Jakarta (24/01/18) di Pleno pembuka.
Dijelaskan Tjahya, merujuk pada laporan dari research and markets, yang menunjukan bahwa pasar ritel online Indonesia adalah yang terbesar di wilayah Indonesia, karena jumlah penduduk yang besar.
Faktor-faktor yang mendorong e-commerce adalah peningkatan penetrasi internet dan konektivitas mobile serta demografis dan pertumbuhan ekonomi.
Tidak hanya itu, CNBC awal tahun ini juga melaporkan bahwa dengan populasi lebih dari 250 juta dari adopsi internet yang bertumbuh dengan cepat. Disebutkan kepuluan Indonesia akan menjadi surga belanja online, dan proyeksi terkini mengatakan akan mencapai US$ 130 milyar di tahun 2020.
Diharapkan Tjahya, ajang ini akan menjadi titik temu bagi para penjual, peritel multi.kanal dan peritel online dengan para penyedia utama dan belajar dengan saling berbagi pengalaman serta implementasi studi-studi kasus.
Sebagai informasi, IRX Indonesia sekarang semakin didukung Industri lewat asosiasi-asosiasi baru tahun ini seperti asosiasi logistik Indonesia, Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas), dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia.
Lebih dari 120 pembicara dalam bidang peritel multikanal dan e-commerce membagikan pengalaman dan pengetahuan dalam.sesi-sesi konperensi dan loka karya di IRX Indonesia 2018.
Sumber:
https://selular.id/2018/01/irx-2018-jadi-titik-temu-untuk-mengubah-lansekap-ritel-di-indonesia/