News Detail
Penasaran \"Dwelling Time\" di Atas 3 Hari, Menhub akan Datangi Tanjung Priok

Ridwan Aji Pitoko, Kompas.com, Selasa 3 April 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi merasa penasaran penyebab dwelling time atau waktu tunggu barang di Pelabuhan Tanjung Priok masih di atas tiga hari.

Padahal, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar dwelling time maksimal tiga hari saja demi menunjang produktivitas di pelabuhan.

"Karena nyatanya masih ada barang-barang yang overstay dengan waktu lebih dari tiga hari tanpa motif yang belum saya ketahui, makanya lusa, hari Kamis saya akan ke sana (Pelabuhan Tanjung Priok)," ucap Budi Karya di Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Selain di Tanjung Priok, pelabuhan lain seperti Tanjung Emas, Tanjung Perak, dan Belawan memiliki dwelling time di atas tiga hari. Hanya di Makassar yang dwelling time-nya 0,9 hari.

Sementara rata-rata dwelling time per Maret 2018 tercatat ada pada angka 3,45 hari atau masih belum sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi.

Terkait hal tersebut, Budi Karya menduga ada tiga masalah yang menjadi penyebab dwelling time masih lebih dari tiga hari.

Pertama, para pemilik barang tidak memiliki tempat lain untuk menampung barangnya sehingga mau tak mau ditempatkan lebih lama di pelabuhan.

"Kedua apakah kalau itu dikeluarkan ke tempat lain ada double cost jadi memindahkannya mahal dan juga tempatnya mahal," sebut Budi Karya.

Atau lanjut Budi Karya, masalah yang ketiga ini adalah pihak pelabuhan sengaja menempatkan barang-barang secara overstay demi meraup keuntungan.

"Kalau menurut saya yang terakhir ini enggak mungkin, karena apa? Saya sudah terbuka kalau ada pihak-pihak yang melakukan penindasan dalam tanda petik, kita akan ambil tindakan jadi overstay itu salah satu yang harus diklarifikasi Kamis nanti," ucap dia.

 

Sumber:

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/03/145600326/penasaran-dwelling-time-di-atas-3-hari-menhub-akan-datangi-tanjung-priok

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved