News Detail
Pusat Logistik Betikat E-Commerce: Pemerintah Berikan Kuota 2,5% untuk Pemain Lokal

Edi Suwiknyo, Bisnis.com, Minggu 27 Mei 2018

Bisnis.com, JAKARTA —  Pembahasan mengenai Pusat Logistik Berikat (PLB) bagi e-commerce atau dagang elektronik masih belum menemukan titik temu. Pemerintah dikabarkan hanya memberikan kuota 2,5% bagi pemain lokal.

Informasi yang dihimpun Bisnis mengungkapkan, persoalan mengenai berapa porsi bagi pelaku lokal masih menjadi bahan diskusi di kalangan pemegang kebijakan. Konsep semula pemerintah ingin memberikan kuota pada kisaran 10% bagi barang domestik. Namun angka ini turun menjadi 2,5% dalam pembahasan terakhir di otoritas fiskal.

Padahal, konsep PLB e-commerce atau dagang-el, sebelumnya disediakan guna mendorong pemain lokal khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) yang berorientasi ekspor untuk berekspansi. Pemberdayaan UKM itu juga diharapkan bisa mendorong perbaikan neraca dagang yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami defisit.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan bahwa pemerintah sangat berharap dengan konsep ini para pelaku domestik bisa lebih ekspansif. Dengan masuknya barang dari para pemain lokal ke PLB, pemerintah ingin mengambil peran dalam dinamika industri digital.

"Tetapi soal penentuan kuota itu, kami juga memperhitungkan kemampuan industri lokal kita," kata Heru saat ditemui Bisnis di kompleks parlemen, pekan lalu.

Heru menjelaskan, saat ini pemerintah masih meramu besaran porsi yang akan diberikan kepada industri dalam negeri. Dalam penentuan porsi barang tersebut, otoritas fiskal akan melihat kapasitas para pemain domestik. Mereka tak mau asal-asalan memberikan porsi di PLB dagang-el, jika para pelaku lokal tak bisa memenuhi jumlah yang sudah ditetapkan pemerintah.

Sebagai ilustrasi, jika pemain domestik hanya bisa memenuhi 5% porsi, pemerintah menurutnya, tak perlu repot-repot untuk memberikan porsi misalnya sampai dengan 20%. Aturan akan dibuat fleksibel supaya implementasinya bisa lebih efisien.

"Kalau mereka butuh banyak tetap bisa diserap, tetapi kalau para pelaku domestik saat ini hanya mampu 2,5%-5%, tentunya kami tidak perlu membuat aturan sampai 10%-20%. Karena nanti tidak efisien, kosong," imbuhnya.

 

Sumber:

http://finansial.bisnis.com/read/20180527/9/800231/pusat-logistik-berikat-e-commerce-pemerintah-berikan-kuota-25-untuk-pemain-lokal

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved