News Detail
Blockchain Bisa Bantu Usaha Logistik

Ilham Budhiman, Bisnis Indonesia, Rabu 10 Oktober 2018

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyakini penerapan teknologi blockchain bisa membantu perusahaan logistik meningkatkan pendapatan hingga 15%.

Blockchain merupakan sistem pencatatan atau database yang tersebar luas di jaringan, atau disebut juga dengan istilah distributed ledger.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasok Rico Rustambi mengatakan keyakinan itu merujuk berkurangnya biaya logistik yang tergantung kepada kompleksitas rantai pasok masing-masing pelaku bisnis. “Di bidang logistik, blockchain berpotensi menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing,” katanya, Selasa (9/10).

Rico menjelaskan penerapan blockchain dan penurunan biaya logistik bisa dilihat berdasarkan contoh kasus secara global.

Dia mencontohkan perusahaan logistik Maersk telah bekerja sama dengan IBM untuk mendigitalisasi rantai pasoknya dengan blockchain sehingga tingkat akurasi, transparansi, dan menurunkan biaya dokumen secara signifikan.

Contoh lainnya, kata dia, Walmart menerapkan blockchain untuk menelusuri sumber dagingnya dari China dan merekam dari mana daging tersebut berasal, diproses, disimpan di gudang penyimpanan dan kapan di jual berdasarkan tanggal. Hal serupa juga, menurutnya, bisa berlaku bagi produk lain yang telah diterapkan oleh Unilever dan Nestle.

Asisten Deputi Pengembangan Logistik Nasional Kemenko bidang Perekonomian Erwin Raza mengatakan blockchain berkaitan erat dengan transparansi data dan informasi sehingga perlu adanya tingkat kepercayaan yang tinggi.

“Jadi komunitas bisnis yang sepakat membentuk blockchain itu, harus terlebih dahulu membangun trust di antara mereka,” katanya.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) Pandu Wisaksono mengatakan yang menjadikan sektor logistik lebih rumit dan kompleks dibandingkan dengan sektor lain seperti perbankan. Dia menilai perlu adanya standardisasi di sektor logistik terkait dengan data entri.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved