News Detail
Asosiasi Logistik Minta Tarif Tol Trans-Jawa Dikaji Ulang

Rahayu Subekti, Republika.co.id, Rabu 30 Januari 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita minta tarif kedaraan besar di Tol Trans Jawa dapat dikaji ulang. Dia mengatakan tarif Tol Trans Jawa sangat mahal untuk kendaraan logistik.

Zaldy menjelaskan tarif Tol Trans Jawa untuk kendaraan besar Jakarta hingga Surabaya dapat mencapai di atas satu juta rupiah. “Ini sekarang tarif Tol Trans Jawa untuk truk antara Rp 1,2 juta hingga Rp 2 juta,” kata Zaldy kepada Republika.co.id, Rabu (30/1).

Dia menuturkan dengan mahalnya tarif Tol Trans Jawa tersebut membuat ongkos logistik mengalami kenaikkan. Zaldy menegaskan terjadi kenaikan ongkos logistik hingga 30 persen jika menggunakan Tol Trans Jawa.

Dengan begitu, Zaldy mengakui saat ini banyak sopir memilih untuk melewati jalan nasional atau pantura. “jadi opsi opsi saat ini lebih banyak kembali ke jalur biasa daripada naik harga ya ke jalan normal saja,” jelas Zaldy.

Paling tidak, lanjut Zaldy, dengan menggunakan jalur nasional maka tidak ada kenaikan ongkos logistik. Hal itu menurutnya lebih baik untuk konsumen dan transporter dari segi ongkos kirim.

Hanya saja, Zaldy mengakui dengan menggunakan jalan tol maka lamanya pengiriman juga lebih singkat namun hal tersebut tidak sebanding dengan mahalnya tarif tol. “Berkurang satu hari lewat tol tidak memberikan dampak yang sebanding dengan tarif Tol Trans Jawa,” tutur Zaldy.

Terlebih, menurut Zaldy jika kostumer tetap memilih menggunakan tol akan berdampak kepada kenaikkan harga barang. Dengan begitu, Zaldy meminta tarif Tol Trans Jawa maksimal Rp 800 ribu agar angkutan logistik dapat memanfaatkan jalur tersebut.

 

Sumber:

https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/19/01/30/pm53d3370-asosiasi-logistik-minta-tarif-tol-trans-jawa-dikaji-ulang

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved