News Detail
Kabinet Jokowi Jilid II Diminta Serius Bangun Jalur Logistik

Francisca Christy Rosana, Tempo.co, Senin 21 Oktober 2019

 

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Zaldi Ilham Masita meminta Kabinet Jokowi Jilid II serius membangun jalur logistik untuk mendukung percepatan pendistribusian barang ekspor dan impor. Zaldi mengatakan kinerja logistik dalam lima tahun terakhir masih memiliki banyak catatan.

"Ini yang menjadi pekerjaan rumah paling penting dari pemerintah untuk membangun jalur logistik yang andal dan efisien. Sebab, dalam 5 tahun terakhir belum tercapai,” ujar Zaldi saat dihubungi Tempo pada Senin, 21 Oktober 2019.

Zaldi mengatakan transformasi ekonomi akan tercapai seumpama pemerintah mendukungnya dengan perbaikan kondisi logistik. Adapun saat ini, biaya logistik Indonesia masih bermasalah. Beban logistik Indonesia menyentuh 24 persen dari produk domestik bruto atau PDB.

Biaya logistik Indonesia yang masih tergolong tinggi berdampak pada logistic performance index atau indeks performa logistik. Berdasarkan pemeringkatan indeks performa logistik skala global, Indonesia masih menempati posisi ke-46. Indonesia kalah lima tingkat dengan Malaysia yang menempati peringkat ke-41.

Indonesia juga kalah jauh dengan Singapura yang telah menempati posisi ketujuh dalam pemeringkatan indeks performa logistik skala global. Sedangkan Cina menempati posisi ke-26, Thailand ke-32, dan Vietnam ke-39.

Zaldi berharap Presiden Jokowi dalam waktu dekat meminta Menteri Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR yang baru untuk mengimplementasikan perbaikan infrastruktur yang berorientasi pada kepentingan logistik. Ia memandang Presiden pun perlu segera meninjau dan mengevaluasi kebijakan lama.

Misalnya operasional tol laut yang masih karut-marut. "Tol laut idenya sangat bagus, tapi implementasinya sama dengan program kapal perintis zaman Orde Baru. Akhirnya hasilnya juga jauh dari harapan," ujarnya. Menilik pidato pelantikan Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2019, dua hal penting bagi logistik Indonesia menurut Zaldi adalah kelanjutan pembangunan infrastruktur dan transformasi ekonomi.

 

Sumber:

https://bisnis.tempo.co/read/1262361/kabinet-jokowi-jilid-ii-diminta-serius-bangun-jalur-logistik/full&view=ok

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved